Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Lagu AT Mahmud

Kumpulan Lagu AT Mahmud yang diposting ini masih banyak kekurangan atau belum lengkap. Kelak akan saya tambah jika menemukan lagu-lagu dari beliau.

Sebelumnya saya akan cerita dulu sedikit tentang beliau.

Mendiang AT Mahmud bernama asli Masagus Abdullah Mahmoed yang lahir di Palembang (Sumatera Selatan), 3 Februari 1930 dan meninggal dunia pada tanggal 6 Juli 2010, di Jakarta.

AT Mahmud bernama lengkap Abdullah Totong Mahmoed, nama "Totong" ini sebetulnya nama panggilan di sekolah, di antara teman-teman dan di lingkungan rumahnya. Jadi beliau ini dikenal bukan sebagai Masagus Abdullah Mahmoed ( MA Mahmoed ) melainkan sebagai Abdullah Totong Mahmoed ( AT Mahmoed ) kemudian menjadi AT Mahmud ( ejaan baru ).

Beliau adalah seorang pencipta lagu yang legenda untuk kategori lagu anak-anak. Buah karya beliau atau lagu-lagu beliau sudah mengisi buku pelajaran sekolah. Bahkan sudah banyak yang masuk dapur rekaman. Dahulu banyak penyanyi cilik yang menyanyikan lagu-lagu beliau dalam pentas / panggung. Namun sekarang lagu anak-anak tidak semeriah dahulu.

Beliau adalah seorang guru Taman Kanak Kanak yang sebelumnya pernah menjadi pegawai sebuah bank. Panggilan sebagai guru sangat kuat sehingga beliau "betah" menjadi guru. Pekerjaan beliau selain guru adalah pernah beliau mengisi acara televisi.

Baiklah akan saya cantumkan lagu anak-anak buah karya mendiang AT Mahmud. Jika anda ingin tahu not angka dan mendengar melodi lagunya, anda tinggal klik judul lagunya dan nanti akan masuk ke halaman baru yang berisi not angka dan video notasi balok untuk mendengar lagu itu.

Air Terjun

Aku Anak Indonesia

Ambilkan Bulan Bu

Anak Ayam

Anak Gembala

Awan Putih

Ayamku

Berdayung

Bintang Kejora

Bulan Sabit

Bunga Mawar Merah

Burung Layang Layang

Hati Gembira

Kampungku

Ke Pasar Ikan

Kunang Kunang

Layang Layangku

Membuang Sampah

Nasehat Ibu

Paman Datang

Pantun Pramuka

Pelangi

Pemandangan

Ruri Abangku

Taman Kanak Kanak

Sekian lagu ciptaan AT Mahmud yang saya rangkum dari berbagai sumber. Jika ada kesalahan judul mohon dimaklumi. Kadangkala judul lagu anak itu berbeda-beda. Selain judul lagu, pencipta lagu juga sering berbeda-beda. Itu yang terjadi pada lagu anak-anak.

Jika anda tahu lagu AT Mahmud yang lain dan ingin berbagi, silakan ketik di kotak komentar dan jangan lupa sertakan sumbernya, supaya saya bisa check. Terima kasih sebelumnya.

Semoga postingan ini bermanfaat.



NB :

Jika ada link yang tidak aktif, mohon beritahu di kotak komentar agar saya bisa memperbaiki yang tidak aktif itu secepatnya. Terimakasih.