Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Not Angka Aku Anak Indonesia

Not angka lagu Aku Anak Indonesia dilengkapi chords / akor. Selain itu ada video notasi balok untuk mendengar melodi lagu tersebut.

Lagu Aku Anak Indonesia diciptakan oleh Masagus Abdullah Mahmud atau lebih dikenal dengan nama A.T. Mahmud ( Abdullah Totong Mahmud ).

Lagu Aku Anak Indonesia merupakan salah satu lagu anak-anak yang patriotik. Lagu ini menurut saya, salah satu lagu terbaik untuk lagu anak-anak karena memiliki pesan untuk mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ada yang menarik perhatian saya dari notasi lagu ini yakni pada bar ke-10 atau baris ke-4 paling awal ada suku kata “ sia “ dan notasinya | 6 . 6 . | diberi garis lengkung.

Dalam teori musik garis lengkung penyambung notasi ada 2 jenis. Pertama Tie fungsinya menyambungkan beberapa not yang sama dan setelah disambungkan dianggap 1 not. Jadi jika dimainkan pakai piano hanya satu kali tekan. Kedua Legato ( slur ) fungsinya menyambungkan beberapa not yang berbeda. Ketika beberapa not menggunakan legato maka ketika dimainkan harus nyambung jangan terputus. Memainkannya sesuai dengan notasi, jadi bisa beberapa kali tekan jika menggunakan piano.

Secara teori pada bar ke-10 itu tidak harus menggunakan garis lengkung ( tie ). Dalam teori musik cukup menggunakan tanda titik ( . ), jadi penulisan yang betul | 6 . . . | kecuali kalau pemenggalan kata Indonesia menjadi 4 suku kata ( In – do –ne- si –a ).

Saya berbicara menggunakan teori musik namun saya tidak bermaksud menyalahkan notasi yang ada pada buku lagu. Itu hak mereka menggunakan cara mereka.

Baiklah kita lihat notasi angka lagu Aku Anak Indonesia.


not angka lagu aku anak indonesia lagu anak anak


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Bagi anak sekolah yang ingin partitur notasi angka di atas yang gambarnya lebih bagus, silakan minta lewat formulir kontak. Nanti akan dikirim melalui email.

Jika anda belum tahu dan ingin tahu suara notasi di atas, silakan putar video di bawah ini.



Di dalam video, lagu ini menggunakan tanda pengulangan, tujuannya agar anda tidak meng-klik lagi jika ingin mendengarkan 2 kali.

Jika Anda ingin tahu tentang pencipta lagu ini dan lagu-lagu yang diciptakannya ( tidak semua ), silakan klik judul postingan di bawah.

Biografi AT Mahmud.

Kumpulan Lagu AT Mahmud.

Semoga anda menyukai lagu ini.