Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Musik Bossa Nova

Bossa nova adalah salah satu jenis musik berasal dari Brazil yang  dikenalkan dan berkembang sekitar tahun 1950 sampai 1960. Musik ini bersumber dari musik Samba dan Jazz, karenanya musik bossa nova seringkali disebut sebagai Jazz Samba atau Jazz Latin atau Jazz Brazil. Pada tahu 1960-an musik ini digandrungi oleh banyak kawula muda, terutama musisi dan mahasiswa. Hingga saat ini bossa nova masih eksis sebagai bagian dari musik jazz.

Secara bahasa bossa nova memiliki arti trend baru, ini bahasa Portugis.  Di  Indonesia kata bossa nova seringkali disatukan menjadi bossanova padahal itu 2 kata. Ketika saya membuka kamus ternyata bossa bukanlah kata baku dalam bahasa Portugis, sedangkan nova adalah kata Portugis yang berarti “baru”. Konon kata “bossa” ini berasal dari budaya pantai di Rio de Janeiro.  Namun ada juga yang mengatakan bahwa bossa nova itu diambil dari sebuah group musik yang bernama bossa nova. Yang jelas bossa bukan bahasa portugis.

Musik  bossa nova memiliki chords persis seperti musik jazz lainnya, istilahnya menggunakan chords “miring” seperti C dirubah menjadi CM7 atau CM9, Dm dirubah menjadi Dm7 dan lainnya.  Sementara ketukan bossa nova memang agak beda dengan jazz pada umumnya. Mungkin itu modifikasi dari beat samba. Dan cara bernyanyi bossa nova seperti pakai suara hidung, saya tidak tahu istilahnya.  Lagu-lagu bossa nova umumnya menceritakan tentang wanita, cinta, kerinduan dan alam.

Tokoh musik bossa nova adalah Joao Gilberto sebagai pencipta. Beliau adalah gitaris yang juga seorang penyanyi. Sementara Antonio Carlos Jobim sebagai orang yang mempopulerkan musik bossa nova.  Beliau adalah seorang komposer  berbakat.

Lagu terkenal bossa nova yang dianggap sebagai lagu sepanjang masa ada di bawah ini. Namun lagu pertama bossa nova adalah  No More Blues ( Chega De Saudade ), begitu menurut sebuah  sumber.

1.  The Girl From Ipanema  ( Garota De Ipanema ) 

2.  Quiet Nights of Quiet Stars ( Corcovado ) 

3.  Desafinado 

4.  Black Orpheus ( Manha De Carnaval )

5.  One Note Samba ( Samba De Uma Nota So )

6.  Wave 

7.  Summer Samba atau So Nice ( Samba De Verao )


Alat musik yang digunakan waktu lalu dalam musik bossa nova.

1.  Gitar akustik senar nilon 

2.  Piano 

3.  Organ 

4.   Bas akustik 

5.  Drum set  ( termasuk claves )


Untuk pengetahuan saja, silakan klik judul di bawah ini.

Sejarah Musik Jazz

Sejarah Musik Ragtime

Sejarah Musik R n B

Sejarah Musik Reggae

Sejarah Musik Funk

Sejarah Musik Rock n Roll

Sejarah Musik Rock

Sejarah Musik Hard Rock


Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Sejarah Musik Bossa Nova"