Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Musik Ragtime

Musik Ragtime berasal dari musik Afrika-Amerika sekitar akhir abad ke-19. Musik ini turunan dari musik mars dan jig ( musik cakewalk / tarian ). Waktu itu musik Ragtime dimainkan oleh band-band Afrika-Amerika dengan sebutan Jig Piano atau Piano Thumping. Biasanya dimainkan di bar-bar kecil di St Louis. Pada awal abad ke-20 musik ini sangat terkenal di Amerika Utara.

Tokoh terkenal musik Ragtime adalah Ernest Hogan ( 1865 – 1909 ). Dialah yang diklaim sebagai perintis ragtime dan musisi pertama yang mempublikasikan 2 partitur dengan judul lagu “La Pas Ma La” dan “All Coons Look Alike to Me” sekita tahun 1895. Dia juga disebut sebagai Bapa Ragtime.

Selain itu ada Scott Joplin dengan karyanya yang tekenal “MapleLeaf Rag” pada Dahun 1899. Dia disebut sebagai King of Ragtime.

Satu lagi yang tidak boleh dilupakan yakni John Philip Sousa, dialah yang memodifikasi musik mars ke dalam musik ragtime. Dia seringkali disebut The Mars King.

Asal kata ragtime konon diambil dari kata “Shake Rag” yang merupakan kampung halaman dari Arnest Hoogan di Bowling Green, Kentucky.

Dalam hal komposisi musik, ragtime beat-nya tidak jauh dari musik country atau mars. Mungkin pengaruh dari birama yang populer dalam musik ini yakni birama 2/4, meskipun ada juga yang birama 4/4 dan yang birama 3/4 (disebut ragtime walt). Oleh sebab itu musik ragtime tidak akan ada yang lambat karena sumbernya dari march dan jig ( joged cepat ).

Sementara itu, lagu-lagu terkenal dari ragtime yang merupakan lagu sepanjang masa dari jenis musik itu, diantaranya,

La Pas Ma La

All Coons Look Alike to Me

Maple Leaf Rag

The Entertainer

Pineapple Rag

Charleston Rag

King Porter Stomp

The Baltimore Todolo

Dan lain-lain

Maaf jika lagu favorit anda tidak masuk daftar ini, karena kalau ditulis kepanjangan blog ini.

Alat musik Ragtime merupakan paling sedikit di antara jenis musik lainnya. Biasanya musik ini hanya menggunakan piano. Kalau ada tambahan alat musik, biasanya menggunakan banjo atau gitar.

Meskipun musik ragtime terbilang sedikit menggunakan alat musik namun musik ini menjadi salah satu sumber dari musik jazz.

Uniknya dahulu musik ini dipublikasikan atau dijual dengan menggunakan partitur. Pasalnya dahulu belum ada piringan hitam.

Jika anda ingin lebih tahu tentang sejarah musik, silakan klik postingan di bawah ini.

Sejarah Musik R n B

Sejarah Musik Reggae

Sejarah Musik Funk

Sejarah Musik Rock n Roll

Sejarah Musik Rock

Sejarah Musik Hard Rock

Sejarah Musik Bossa Nova

Sejarah Musik Jazz


Semoga postingan ini bermanfaat.