Sejarah Musik Ragtime

Musik Ragtime berasal dari musik Afrika-Amerika sekitar akhir abad ke-19. Musik ini turunan dari musik mars dan jig ( musik cakewalk / tarian ).  Waktu itu musik Ragtime dimainkan oleh band-band Afrika-Amerika dengan sebutan Jig Piano atau Piano Thumping.  Biasanya dimainkan di bar-bar kecil di St Louis. Pada awal abad ke-20 musik ini sangat terkenal di Amerika Utara.

Tokoh terkenal musik Ragtime adalah Ernest Hogan ( 1865 – 1909 ). Dialah yang diklaim sebagai perintis ragtime dan musisi pertama yang mempublikasikan 2 partitur dengan judul lagu “La Pas Ma La” dan “All Coons Look Alike to Me” sekita tahun 1895. Dia juga disebut sebagai Bapa Ragtime.
Selain itu ada Scott Joplin dengan karyanya yang tekenal “MapleLeaf Rag” pada Dahun 1899. Dia disebut sebagai King of Ragtime. 
Satu lagi yang tidak boleh dilupakan yakni John Philip Sousa, dialah yang memodifikasi musik mars ke dalam musik ragtime.  Dia seringkali disebut The Mars King. 

Asal kata ragtime konon diambil dari kata “Shake Rag”  yang merupakan kampung halaman dari Arnest Hoogan di Bowling Green, Kentucky.

Dalam hal komposisi musik, ragtime beat-nya tidak jauh dari musik country atau mars.  Mungkin pengaruh dari birama yang populer dalam musik ini yakni birama 2/4, meskipun ada juga yang birama 4/4 dan yang birama 3/4 (disebut ragtime walt).  Oleh sebab itu musik ragtime tidak akan ada yang lambat karena sumbernya dari march dan jig ( joged  cepat ).  

Sementara itu, lagu-lagu terkenal dari ragtime yang merupakan lagu sepanjang masa dari jenis musik itu, diantaranya,
La Pas Ma La
All Coons Look Alike to Me
Maple Leaf Rag
The Entertainer
Pineapple Rag
Charleston Rag
King Porter Stomp
The Baltimore Todolo
Dan lain-lain
Maaf jika lagu favorit anda tidak masuk daftar ini, karena kalau ditulis kepanjangan blog ini.

Alat musik Ragtime merupakan paling sedikit di antara jenis musik lainnya. Biasanya musik ini hanya menggunakan piano. Kalau ada tambahan alat musik, biasanya menggunakan banjo atau gitar.
Meskipun musik ragtime terbilang sedikit  menggunakan  alat  musik namun musik ini menjadi  salah satu sumber dari  musik jazz.  
Uniknya dahulu  musik ini dipublikasikan atau dijual dengan menggunakan partitur.  Pasalnya dahulu belum ada piringan hitam. 

Jika anda belum tahu musik ini, silakan dengar  contohnya di bawah ini, 



Semoga postingan ini berguna.



NB:
Saya sengaja meng-upload sejarah musik ini secara garis besar ( tidak detail ), jika banyak kekurangan, harap dimaklumi.






Belum ada Komentar untuk "Sejarah Musik Ragtime"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel