Sejarah Musik Rock And Roll

Musik Rock and Roll merupakan genre musik yang berasal dari Amerika Serikat yang berkembang   dan terkenal  pada akhir  tahun 1940-an dan awal 1950-an. Musik ini boleh dibilang musik yang dipopulerkan oleh banyak musisi dunia. Bahkan band- band terkenal seperti The Beatles dan The Rolling Stones ikut  serta mempopulerkan musik ini, dengan memasukan lagu-lagu rock and roll dalam album mereka.

Istilah rock and roll awalnya diambil dari “rocking and rolling” yang menggambarkan  kapal di lautan. Didalam genre musik, rock and roll dikategorikan sebagai  musik rock. Oleh sebab itu pengertian rock and roll menjadi simpang siur. Contohnya ada beberapa video di youtube yang genre musik rock dan hard rock disebut rock and roll.  Padahal rock and roll bukanlah hard rock atau slow rock. Rock and roll memiliki komposisi musik tersendiri  / memiliki ciri khas tersendiri.

Musik Rock and Roll bersumber dari musik gospel, blues, jazz, boogie woogie, R & B, country dan folk. Namun ada orang yang  mengatakan bahwa rock and roll adalah musik blues yang dipercepat. Rock and Roll memang memiliki tempo yang cepat  dan memang seperti blues. Pada jamannya musik ini digunakan untuk tarian yang bersemangat, energik.

Instrumen (alat musik) yang digunakan musik ini pada awalnya piano dan saksofon sebagai instrumen utama, yang lainnya adalah double bas.   Kemudian diganti oleh gitar pada tahun pertengahan 1950-an.  Pada akhirnya rock and roll seringkali dimainkan dengan menggunakan gitar elektrik ritem, bas dan melodi ditambah drum set. Dengan kata lain hanya menggunakan 3 buah gitar elektrik dan drum set. Penggunaan alat musik  seperti itu menjadi standar dalam musik rock and roll pada waktu itu.

Sementara komposisi musik rock and roll sebenarnya cukup sederhana, dalam komposisi baku rock and roll hanya menggunakan 3 chords  dominant  7.    Sementara basnya menggunakan bas jalan yang konstan. Beat drum-nya juga cukup sederhana dengan tempo cepat.  Melodi rock and roll memiliki ciri khas, memiliki rasa tersendiri namun ada rasa blues didalamnya.

Rekaman musik rock and roll pertama tidak diketahui  secara pasti , namun kemungkinannya  diantara mereka yang pertama kali,
“The Fat Man” oleh Fats Domino tahun 1949.
“Strange Things Happening Everyday” oleh Suster Rosseta Tharpe tahun 1944
“Rock Awhile” oleh Goree Carter  tahun 1949
Dan lainnya.
Sementara artis lain dengan lagu-lagu rock and roll termasuk awal di antaranya Chuck Berry, Bo diddley, Little Richard, Jerry Lee Lewis dan Gene Vincent.

Pada tahun 1954, Elvis Presley merekam “That’s Allright”
Pada akhir tahun 1950 dan awal 1960 muncullah gaya rock and roll yang lebih menonjolkan fisik artis daripada musik. Mereka adalah Rick Nelson, Tommy Sands, Bobby Vee dan Trio Philadelphia. Konon mereka ini bisa menggantikan secara komersial artis sebelumnya  seperti Chuck Berry, Elvis Presley dan lainnya, ini disebabkan  beberapa artis sebelumnya memiliki “masalah”.

Rock and roll juga terkenal di Eropa saat itu, ini berhubungan dengan penempatan pasukan Amerika di sana. Pasalnya  pada saat itu meskipun perang dunia ke-2 sudah berakhir, tentunya  perlu berjaga-jaga.  Dari situlah budaya rock and roll Amerika masuk ke Britania dan sekitarnya.

Pada akhirnya  penyanyi Rock and Roll yang paling terkenal adalah  Elvis Presley  dan Chuck Berry. Elvis Presley yang dijuluki sebagai Raja Rock and Roll namun dalam albumnya banyak lagu-lagu yang bukan musik rock and roll. Sementara Chuck  Berry menonjolkan blues dan rock and roll dalam albumnya.

Lagu-lagu rock and roll terkenal  dan menjadi lagu sepanjang masa di antaranya
That’s Allright ( Elvis Presley )
Jailhouse Rock ( Elvis Presley )
Johnny B Goode ( Chuck Berry )
Rock and Roll Music ( Chuck Berry )
Dan lainnya

Musik rock and roll boleh dibilang musik sederhana sehingga mudah dimainkan. Karenanya musik rock and tidak pernah hilang.
Semoga anda menyukai rock and roll.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Musik Rock And Roll"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel