Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Musik Funk

Musik Funk berasal dari komunitas Afrika-Amerika sekitar pertengahan 1960-an di Amerika Serikat. Musik ini bersumber dari musik soul, jazz, R&B dan musik afrika. Musik ini umumnya nge-beat dan memiliki ritmis yang enak untuk dance ( dansa / goyang ).

Istilah / kata Funk pada awalnya merujuk pada suatu bau yang kuat. Namun aslinya funk berasal dari bahasa latin “fumigare” yang berarti “merokok” yang terkait dengan bahasa Prancis lama “fungiere” .

Musik funk tidak beda jauh dengan musik lain dalam hal penggunaan alat musik, biasanya menggunakan alat musik seperti drum, gitar elektrik, bas elektrik, keyboard, horns, congas, dan mungkin ada lagi alat musik lain, terutama dalam musik funk saat ini.

Musik funk boleh dibilang terkenal pada saat itu, sehingga banyak orang yang menggabungkan / mengkombinasikan musik funk dengan musik lain. Pada gilirannya terciptalah musik turunan dari funk yaitu disco, hip hop, boogie, house music, dan lain-lain.

Dalam hal komposisi musik, funk menggunakan chord seperti halnya musik jazz, dengan menggunakan dominant 7, extended dan lainnya . Sementara bas-nya menggunakan bas yang umum dan slap bas. Teknik slap bas ini boleh dibilang menjadi ciri khas dari musik funk walaupun tidak semua musik funk menggunakan slap bas. Untuk ritemnya funk tidak menggunakan banyak variasi chord dan funk seringkali menggunakan ritem yang konstan. Paling menarik adalah beat drumnya yang pada umumnya membuat orang ingin bergoyang.

Kalau kita dengar musik funk jaman dulu kita akan berkesimpulan bahwa funk cenderung didominasi oleh blues dan jazz. Namun funk bukanlah jazz blues.

Sementara itu tokoh musik funk / artis legendaris diantaranya

James Joseph Brown Jr. lebih dikenal dengan James Brown ( penyanyi dan musisi - pengembang )

George Edward Clinton lebih dikenal dengan George Clinton ( penyanyi, pencipta lagu , produser rekaman). Dia juga sebagai pemimpin band besar Parliament dan Funkadelic.

James Ambrose Johnson Jr, lebih dikenal dengan James Rick (penyanyi, pencipta lagu, musisi, produser rekaman, pemimpin band).

Sly and The Family Stone Band ( salah satu group band funk terkenal )

Yvette Marie Stevens atau lebih dikenal dengan Chaka Khan ( penyanyi, pencipta lagu )

Patty LaBelle atau lebih dikenal dengan Labelle ( penyanyi )

Dan lain-lain


Musik funk jaman dulu mungkin sekarang sudah jarang dimainkan karena pengaruh kombinasi atau penggabungan musik sehingga menjadi musik gabungan seperti funk rock, jazz-funk dan lainnya. Begitulah musik seringkali berubah sesuai dengan jaman.

Bagi anda yang ingin lebih tahu tentang sejarah musik, silakan klik judul postingan di bawah.

Sejarah Musik Rock n Roll

Sejarah Musik Rock

Sejarah Musik Hard Rock

Sejarah Musik Bossa Nova

Sejarah Musik Jazz

Sejarah Musik Ragtime

Sejarah Musik R n B

Sejarah Musik Reggae


Semoga postingan ini berguna.