Sejarah Musik Funk

Musik Funk berasal dari komunitas Afrika-Amerika sekitar pertengahan 1960-an di Amerika Serikat. Musik ini bersumber dari musik soul, jazz, R&B dan musik afrika.  Musik ini umumnya nge-beat dan memiliki ritmis yang enak untuk dance ( dansa / goyang ).

Istilah / kata  Funk pada awalnya merujuk  pada  suatu  bau yang kuat. Namun aslinya funk berasal dari bahasa latin “fumigare” yang berarti “merokok” yang terkait dengan bahasa Prancis lama “fungiere” .

Musik funk tidak beda jauh dengan musik lain dalam hal penggunaan alat musik, biasanya menggunakan alat musik seperti  drum, gitar elektrik, bas elektrik, keyboards, horns, congas, dan mungkin ada lagi alat musik lain, terutama dalam musik funk saat ini.

Musik funk boleh dibilang terkenal pada saat itu, sehingga banyak orang yang menggabungkan / mengkombinasikan musik funk dengan musik lain. Pada gilirannya terciptalah musik turunan dari funk yaitu  disco, hip hop, boogie, house music, dan lain-lain.

Dalam hal komposisi musik, funk menggunakan chord seperti halnya musik jazz, dengan menggunakan dominant  7, extended dan lainnya . Sementara bas-nya menggunakan  bas yang umum dan slap bas. Teknik slap bas ini boleh dibilang menjadi ciri khas dari musik funk walaupun tidak semua musik funk menggunakan slap bas. Untuk ritemnya funk tidak menggunakan banyak variasi chord dan  funk seringkali menggunakan ritem yang konstan. Paling menarik adalah beat drumnya yang pada umumnya membuat orang ingin bergoyang.
Kalau kita dengar musik funk jaman dulu kita akan berkesimpulan bahwa funk cenderung didominasi oleh blues dan jazz.  Namun funk bukanlah jazz blues.

Sementara itu  tokoh musik funk / artis legendaris diantaranya
James Joseph Brown  Jr.   lebih dikenal dengan James Brown ( penyanyi dan musisi - pengembang )
George Edward Clinton lebih dikenal dengan George Clinton ( penyanyi, pencipta lagu , produser  rekaman). Dia juga sebagai pemimpin band besar Parliament dan Funkadelic.
James Ambrose Johnson Jr, lebih dikenal dengan James Rick (penyanyi, pencipta lagu, musisi, produser rekaman, pemimpin band).
Sly and The Family Stone Band  ( salah satu group band funk terkenal  )
Yvette Marie Stevens atau lebih dikenal dengan Chaka Khan ( penyanyi, pencipta lagu )
Patty LaBelle atau lebih dikenal dengan Labelle ( penyanyi )
Dan lain-lain

Musik funk yang jaman dulu mungkin sekarang sudah jarang dimainkan karena pengaruh kombinasi atau penggabungan musik sehingga menjadi  musik gabungan seperti funk rock, jazz-funk dan lainnya. Begitulah musik seringkali berubah sesuai dengan jaman.
Semoga postingan ini berguna.



NB:
Saya menulis sejarah musik funk ini secara garis besar dan tentunya masih banyak kekurangan. Harap dimaklumi.




Belum ada Komentar untuk "Sejarah Musik Funk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel