Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Musik Rock

Musik Rock berasal dari rock and roll yang muncul pada awal 1950-an di amerika Serikat. Pada tahun 1960-an musik rock ini berkembang terutama di Amerika Serikat dan Inggris.

Musik rock dipengaruhi oleh banyak musik di antaranya blues, folk, country, R & B, Jazz dan lainnya. Kemunculan musik rock ini disukai banyak musisi dan non musisi, oleh sebab itu musik ini menjadi salah satu musik yang terkenal di dunia. Apalagi musik ini memiliki turunan dan subgenre yang cukup terkenal yang digandrungi kaum muda, seperti musik hard rock, heavy metal, punk rock dan lainnya. Selain itu, musik ini juga memiliki fusion (gabungan) di antaranya blues rock, country rock, pop rock, funk rock, jazz rock dan lainnya.

Instrumen yang paling umum digunakan dalam musik rock adalah drum set, bas gitar elektrik, gitar melodi elektrik, gitar ritem elektrik dan kadangkala keyboard. Selain itu ada gitar melodi elektrik yang diberi sound effect.

Musik rock berkembang sehingga instrumen musik ini tidak terpaku pada instrumen standar tetapi dikembangkan lagi. Pada gilirannya ada yang menggunakan instrumen lain misalnya saksofon, biola dan lainnya.

Komposisi musik rock cukup sederhana, untuk scale melodi umumnya menggunakan mode major dan minor. Sementara beat snare drum umumnya jatuh pada ketukan ke-2 dan ke-4 secara konstan. Ritem seringkali mengikuti beat drum dan bas gitar tidak menggunakan variasi yang rumit. Boleh dibilang musik rock ini mudah untuk dimainkan.

Sementara lirik lagu musik rock umumnya tentang cinta romantis, seks, kepedulian sosial , gaya hidup dan lainnya. Tema-tema itu sebenarnya diwarisi dari musik-musik sebelumnya, misalnya folksong, R&B, dan lainnya.

Pada awal tahun 1960-an band-band dari Inggris boleh dibilang paling terkenal dalam musik rock, di antaranya The Beatles dan The Rolling Stones. Pada jamannya kedua grup band tersebut sangat diidolakan oleh banyak orang, bahkan lagu-lagu mereka seringkali dinyanyikan oleh band-band amatir maupun profesional.

Dari kedua band itu yang paling terkenal adalah The Beatles. Lagunya yang berjudul “I want to hold your hand” menjadi lagu pertama The Beatles yang menjadi peringkat ke-1 di Billboard Hot 100 selama 7 minggu. Selain itu The Beatles merupakan band rock legendaris yang terlaris sepanjang masa.

Setelah band-band rock terkenal pada tahun 1960 – 1980 memudar, muncullah band-band baru dengan musik-musik yang baru juga. Lebih tepatnya musik turunan atau subgenre dari rock.

Bagi anda yang ingin lebih tahu tentang sejarah musik, silakan klik judul postingan di bawah.

Sejarah Musik Hard Rock

Sejarah Musik Bossa Nova

Sejarah Musik Jazz

Sejarah Musik Ragtime

Sejarah Musik R n B

Sejarah Musik Reggae

Sejarah Musik Funk

Sejarah Musik Rock n Roll


Semoga postingan ini bermanfaat.