Sejarah Musik Rock

Musik Rock berasal  dari rock and roll yang muncul pada awal 1950-an di amerika Serikat.  Pada tahun 1960-an musik rock ini berkembang terutama di Amerika Serikat dan Inggris. 
Musik rock dipengaruhi oleh banyak musik di antaranya blues, folk, country, R & B, Jazz dan lainnya. Kemunculan musik rock ini disukai banyak musisi dan non musisi, oleh sebab itu musik ini menjadi salah satu musik yang terkenal di dunia.  Apalagi musik ini memiliki turunan dan subgenre yang cukup terkenal  yang digandrungi kaum muda, seperti musik  hard rock, heavy metal, punk rock dan lainnya. Selain itu, musik ini juga memiliki fusion (gabungan) di antaranya blues rock, country rock, pop rock, funk rock, jazz rock dan lainnya.

Instrumen yang paling umum digunakan dalam musik rock adalah drum set, bas gitar elektrik, gitar melodi elektrik, gitar ritem elektrik dan kadangkala keyboards. Selain itu ada gitar melodi elektrik yang diberi sound effect. 
Musik rock berkembang sehingga instrumen  musik ini tidak terpaku pada instrumen standar tetapi  dikembangkan lagi. Pada gilirannya ada yang menggunakan instrumen  lain  misalnya saksofon, biola dan lainnya.    

Komposisi musik rock cukup sederhana, untuk scale melodi umumnya menggunakan mode major dan minor.  Sementara beat snare drum umumnya jatuh pada ketukan ke-2 dan ke-4 secara konstan.  Ritem seringkali mengikuti  beat drum dan bas gitar tidak menggunakan variasi yang rumit. Boleh dibilang musik rock ini mudah untuk dimainkan.  

Sementara lirik lagu musik rock umumnya tentang cinta romantis, seks, kepedulian sosial , gaya hidup dan lainnya. Tema-tema  itu sebenarnya  diwarisi dari musik-musik sebelumnya, misalnya folksong, R&B, dan lainnya.

Pada awal tahun 1960-an band-band dari Inggris boleh dibilang paling terkenal  dalam musik rock, di antaranya The Beatles dan The Rolling Stones.  Pada jamannya kedua grup band tersebut sangat diidolakan oleh banyak orang, bahkan lagu-lagu mereka seringkali dinyanyikan oleh band-band amatir maupun profesional.
Dari kedua band itu yang paling terkenal adalah The Beatles. Lagunya yang berjudul “I want to hold your hand” menjadi lagu pertama The Beatles yang menjadi peringkat ke-1 di Billboard Hot 100 selama 7 minggu. Selain itu The Beatles merupakan band rock legendaris yang terlaris sepanjang masa.
Setelah band-band rock terkenal pada tahun 1960 – 1980 memudar, muncullah band-band baru dengan musik-musik yang baru juga. Lebih tepatnya musik turunan atau subgenre dari rock.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Musik Rock"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel