Sejarah Musik Jazz

Musik jazz lahir sekitar  akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20,  genre ini berasal dari komunitas Afrika-Amerika di New Orleans, Amerika Serikat.  New Orleans Jazz dimulai pada tahun 1910-an dan sejak tahun 1920-an diakui sebagai bentuk utama ekspresi musik.
Musik jazz bersumber atau  berasal dari musik blues dan ragtime. Juga  terpengaruh oleh musik rakyat, klasik dan musik Afrika.

Istilah “jazz” atau  kata “jazz” diyakini terkait dengan kata “jasm” (sebuah bentuk slang ) yang berarti “semangat, energi”. Selain itu menurut  catatan tertulis paling awal pada sebuah artikel  tahun 1912,  Los Angeles Time, dimana seorang pitcher baseball liga kecil menggambarkan sebuah nada yang dia sebut “bola jazz”, karena bergetar.  Sebenarnya ada pendapat lain lagi, namun semuanya tidak bisa meyakinkan arti jazz dan definisi jazz hingga sekarang.

Komposisi musik jazz boleh dibilang berbeda dengan musik lain. Ciri khas dari musik ini adalah chords yang “miring”, misalnya chords altered.  Ciri khas yang lain adalah improvisasi, seringkali dalam band jazz setiap pemain melakukan improvisasi.  Sementara beat dalam jazz bergantung pada sub genre.  Asal tahu saja bahwa musik jazz memiliki banyak sub genre  diantaranya bebop, swing, gypsy jazz, progresif jazz dan lain-lain. Mungkin ada puluhan genre dalam jazz ini.

Tidak ada yang tahu siapa sebenarnya tokoh pendiri  jazz atau pencipta jazz, disebutkan hanya komunitas  Afrika-Amerika.  Mungkin waktu itu diciptakan oleh banyak orang sehingga disebut komunitas.  Namun tokoh-tokoh  jazz  dunia  yang terkenal  tercatat diantaranya
Edward Kennedy Duke Ellington atau lebih dikenal Duke Ellington ( musisi dan pencipta lagu )
Louis Amstrong  ( musisi )
Charlie Parker ( musisi )
Miles Davis ( musisi )
John William Coltrane ( musisi )
Dan lain-lain. Maaf jika musisi favorit anda tidak masuk di sini karena saya tidak mau panjang-panjang membuat blog ini. Selain musisi, mereka (tokoh jazz) ada juga yang menjadi penyanyi.

Sementara itu lagu jazz  terkenal  yang boleh dibilang lagu sepanjang masa diantaranya,
Take Five ( Dave Brubeck )
Kind of Blue  ( Mile Davis )
Take The A Train ( Duke Ellington )
What a Wonderful World ( Louis Armstrong )
Dan lain-lain.

Alat musik pada musik jazz yang paling sering digunakan  adalah
Piano, dum, gitar, double bas, keyboards, trumpet, trombone, saxophone, clarinet


Semoga postingan ini bermanfaat.




NB:
Saya sengaja meng-upload sejarah musik ini secara garis besar ( tidak detail ), jika banyak kekurangan, harap dimaklumi.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Musik Jazz"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel