Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Musik Jazz

Musik jazz lahir sekitar akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, genre ini berasal dari komunitas Afrika-Amerika di New Orleans, Amerika Serikat. New Orleans Jazz dimulai pada tahun 1910-an dan sejak tahun 1920-an diakui sebagai bentuk utama ekspresi musik.

Musik jazz bersumber atau berasal dari musik blues dan ragtime. Juga terpengaruh oleh musik rakyat, klasik dan musik Afrika.

Istilah “jazz” atau kata “jazz” diyakini terkait dengan kata “jasm” (sebuah bentuk slang ) yang berarti “semangat, energi”. Selain itu menurut catatan tertulis paling awal pada sebuah artikel tahun 1912, Los Angeles Time, dimana seorang pitcher baseball liga kecil menggambarkan sebuah nada yang dia sebut “bola jazz”, karena bergetar. Sebenarnya ada pendapat lain lagi, namun semuanya tidak bisa meyakinkan arti jazz dan definisi jazz hingga sekarang.

Komposisi musik jazz boleh dibilang berbeda dengan musik lain. Ciri khas dari musik ini adalah chords yang “miring”, misalnya chords altered. Ciri khas yang lain adalah improvisasi, seringkali dalam band jazz setiap pemain melakukan improvisasi. Sementara beat dalam jazz bergantung pada sub genre. Asal tahu saja bahwa musik jazz memiliki banyak sub genre diantaranya bebop, swing, gypsy jazz, progresif jazz dan lain-lain. Mungkin ada puluhan genre dalam jazz ini.

Tidak ada yang tahu siapa sebenarnya tokoh pendiri jazz atau pencipta jazz, disebutkan hanya komunitas Afrika-Amerika. Mungkin waktu itu diciptakan oleh banyak orang sehingga disebut komunitas. Namun tokoh-tokoh jazz dunia yang terkenal tercatat diantaranya :

Edward Kennedy Duke Ellington atau lebih dikenal Duke Ellington ( musisi dan pencipta lagu )

Louis Amstrong ( musisi )

Charlie Parker ( musisi )

Miles Davis ( musisi )

John William Coltrane ( musisi )

Dan lain-lain. Maaf jika musisi favorit anda tidak masuk di sini karena saya tidak mau panjang-panjang membuat blog ini. Selain musisi, mereka ( tokoh jazz ) ada juga yang menjadi penyanyi.


Sementara itu lagu jazz terkenal yang boleh dibilang lagu sepanjang masa diantaranya :

Take Five ( Dave Brubeck )

Kind of Blue ( Mile Davis )

Take The A Train ( Duke Ellington )

What a Wonderful World ( Louis Armstrong )

Dan lain-lain.


Alat musik pada musik jazz yang paling sering digunakan adalah Piano, dum, gitar, double bas, keyboards, trumpet, trombone, saxophone, clarinet.

Sekedar untuk memperluas wawasan sejarah musik, silakan klik / pilih judul di bawah ini.

Sejarah Musik Ragtime

Sejarah Musik R n B

Sejarah Musik Reggae

Sejarah Musik Funk

Sejarah Musik Rock n Roll

Sejarah Musik Rock

Sejarah Musik Hard Rock

Sejarah Musik Bossa Nova


Semoga postingan ini bermanfaat.