Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membaca Not Angka

Pada saat ini saya akan membahas cara membaca not angka menggunakan alat musik. Pakai alat musik apapun pada dasarnya sama, terpenting alat musiknya bisa dipakai melodi yang range-nya paling sedikit 1 oktaf.

Sebelum membaca not angka, sebaiknya tahu posisi not angka pada alat musik. Di sini saya akan menggunakan 2 contoh gambar alat musik yaitu keyboard dan gitar.

Not angka tangga nada C / kunci melodi C pada alat musik keyboard dan gitar.


gitar dan piano solmisasi


Klik gambarnya untuk memperbesar

Keterangan :

Dalam alat musik keyboard not 1 ( do ) clef treble untuk nada rendah dimulai dari oktaf ke-4

Dalam alat musik gitar oktaf pertama di atas adalah untuk nada rendah dan oktaf kedua untuk nada normal, sedangkan untuk nada tinggi menggunakan senar 1 oktaf ke-3.

Selanjutnya lihat not angka lagu Ibu Kita Kartini di bawah ini.


partitur lagu ibu kita kartini dalam not angka


Lagu di atas memiliki tanda sukat 4/4 (birama 4/4). Artinya bahwa didalam 1 bar ada 4 ketuk. Jika ingin tahu lebih detail tentang birama buka postingan Tanda Sukat pada kategori Teori Musik Dasar. Walaupun tanda sukat di sana menggunakan not balok tapi pada dasarnya sama dengan not angka.

Lagu di atas memiliki tempo 60 artinya 60 BPM ( Beat Per Minute ) atau 60 ketuk dalam 1 menit. Jika temponya 80 maka dalam 1 menit ada 80 ketuk. Lebih detail tentang tempo baca postingan yang berjudul Tempo Musik. Untuk mengerti tentang tempo dibutuhkan alat pengukur/penentu tempo yakni metronom.Jika anda tidak punya metronom, silakan download di Play Store ( gratis ) pakai ponsel android.

Cara membaca notasi di atas.

Pada bar ke-1, tekan not 1 ( do ) setelah 1 ½ detik pindah ke not 2. Pada not 2 ( re ) ( durasi ½ detik ), lalu pindah ke not 3 ( durasi 1 detik ), lalu pindah ke not 4 ( durasi 1 detik ). Jika anda menggunakan ketukan misalnya metronom, bunyikan not 1 ( do ) pada ketukan pertama, kemudian pada ketukan kedua jangan dibunyikan, setelah jaraknya di antara ketukan ke-2 dan ke-3 baru bunyikan. Lalu pada ketukan ke-3 bunyikan not 3 ( mi ), dan pada ketukan ke-4 bunyikan not 4 ( fa ).

Pada bar ke-2, tekan not 5 ( sol ) pada ketukan ke-5 , lalu pada ketukan ke-6 jangan dibunyikan setelah jaraknya antara ketukan ke-5 dan 6 baru bunyikan not 3 ( mi ), berikutnya bunyikan not 1 ( do ) pada ketukan ke-7 durasinya 1 ½ ketuk ( 1 ½ detik ) setelah itu diamkan ½ ketuk ( ½ detik ) pada bagian akhir bar. Keterangan, angka 0 artinya alat musik tidak dibunyikan ( diam ).

Saya akan loncat ke bar 6 karena bar yang lainnya boleh dibilang sama dengan bar ke-1 dan ke-2.

Pada bar ke-6 ada tanda slur ( garis melengkung di bawah ). Cara memainkannya, bunyikan not 3 ( mi ) selama 1 ketuk ( 1 detik ) suaranya jangan hilang lalu tekan not 5 ( sol ) selamat 1 ketuk. Dalam alat musik gitar slur ini dibunyikan 1 kali kemudian jari pindah ke not berikutnya, syaratnya suara not pertama jangan hilang. Notasi berikutnya bunyikan not 1 ( do ) selama 2 ketuk ( 2 detik ).

Jika anda belum mengerti, silakan baca bagian bawah ini.

Keterangan :

Pada bar ke-1 ada tanda garis ganda vertikal dengan 2 titik artinya tanda awal pengulangan. Selain itu adan tanda titik di depan not sebagai nilai not da nada tanda garis di atas sebagai pembagi not.

Pada bar ke-2 ada angka 0 sebagai tanda alat musik tidak dibunyikan.

Pada bar ke-3 ada tanda titik di atas not 1 ( do ) artinya do lebih tinggi 1 oktaf.

Pada bar ke-8 ada tanda garis ganda vertikal dengan 2 titik artinya tanda akhir pengulangan.


Bagi anda yang belum tahu tanda garis silakan baca postingan berjudul Tanda Garis Pada Not Angka dan yang tidak tahu tentang tanda titik (.) silakan buka postingan yang berjudul Tanda Titik Pada Not Angka. Kedua postingan itu membahas semua garis dan titik yang biasa dipakai dalam not angka.

Jika notasi di atas dimainkan dengan menggunakan alat musik, suaranya akan seperti di bawah ini



Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Membaca Not Angka"