Tempo Dalam Musik

Pada kali ini saya akan membahas tentang tempo pada musik. Tempo merupakan bagian penting dari musik/lagu  yang menentukan lambat dan cepatnya sebuah lagu/musik.

Untuk mengerti  tempo dibutuhkan alat pengukur tempo yaitu metronom. Saat ini metronom mudah didapat dengan gratis (metronom digital), download di Play Store pakai ponsel android. Di sana banyak metronom gratisan dan anda tinggal pilih. Di bawah ini 2 contoh metronom dari Play Store yang gratisan.



Apapun bentuk metronomnya pada dasarnya sama dalam penggunaannya. Hal yang perlu diperhatikan dalam metronom  adalah tanda sukat (tanda birama) misalnya 3/4, 4/4 dan lainnya. Jika anda akan menggunakan metronom, atur  tanda sukatnya terlebih dahulu - sesuaikan dengan lagu/musik yang akan dimainkan. Setelah itu baru atur temponya. 
Sekedar contoh, misalnya dalam sebuah lagu bertempo 60, artinya 60 BMP ( beat per minute ). Dengan kata lain tempo 60 itu artinya memiliki 60 ketuk dalam 1 menit. Jika tempo 70 BMP artinya memiliki 70 ketuk dalam 1 menit. 

Dulu tempo musik seringkali ditulis dengan huruf misalnya andante, allegro dan lainnya, namun penulisan tempo dengan huruf kadangkala membingungkan karena tempo musik memiliki beberapa versi, misalnya versi  Itali berbeda dengan versi Prancis. Sebagai Contoh saya sertakan tempo versi Itali di bawah ini.


Perbedaan ini bisa anda lihat misalnya tempo grave Itali dengan grave negara lain. Tapi kita jangan dipusingkan dengan perbedaan itu karena sekarang ini tempo musik hampir semua  menggunakan angka.
Semoga bermanfaat.



Belum ada Komentar untuk "Tempo Dalam Musik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel