Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Famili Chord / Akor

Famili chord ( chords family ) atau keluarga akor adalah susunan tangga nada pada sebuah nada dasar, akan dibahas menggunakan gambar sehingga mudah dipahami.

Salah satu kegunaan famili chord adalah untuk mencari chord pada sebuah lagu. Famili chord ini boleh dibilang sebagai pedoman dalam mencari chord sebuah lagu. Pada umumnya lagu-lagu yang mudah memiliki komposisi chord seperti pada famili chord. Yang termasuk lagu mudah di sini seperti lagu anak-anak, lagu wajib, lagu daerah, lagu pop yang mudah dan lainnya. Namun di antara kategori lagu tersebut ada juga yang memiliki chord di luar famili chord ( tidak semuanya ).

Baiklah kita lihat tabel dari famili chord di bawah ini.


tabel famili chord 12 nada dasar


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Keterangan :

Bagian atas, menggunakan angka Romawi I sampai dengan VII ( 1 sampai 7 ). Itu merupakan tingkatan dalam chords. Umumnya dalam penulisan untuk chords major menggunakan angka Romawi huruf besar dan untuk chords minor menggunakan huruf kecil. Untuk diminished ( dim ) menggunakan huruf kecil.

Bagian pinggir, angka 1 sampai 12 merupakan urutan nada yang naik 1/2 nada. Mulai dari chord C naik 1/2 nada sampai ke chord B.

Selain untuk mencari chord pada sebuah lagu, family chord juga bisa digunakan sebagai pedoman dalam transpose nada dasar. Misalnya anda bermain musik dengan nada C dan chords yang digunakan adalah C – Am – Dm – G – F – C. Kemudian anda hendak merubah nada dasar menjadi nada dasar E maka anda tinggal lihat tabel di atas.

Caranya anda tinggal lihat chords yang berada pada baris chord C dan baris chord E. Setelah itu lihat kolomnya dan samakan kolom kedua chords itu.

Supaya lebih jelas, ini yang mau ditranspose C – Am – Dm – G – F – C.

Lihat ke bagian bawah C ( kolom 1 ) ada E ( kolom 1 ). Selanjutnya lihat

Bagian Am ( kolom 6 ) ada C#m ( kolom 6 )

Bagian Dm ( kolom 2 ) ada F#m ( kolom 2 )

Bagian G ( kolom 5 ) ada B ( kolom 5 )

Bagian F ( kolom 4 ) ada A ( kolom 4 )

Bagian C ( kolom 1 ) ada E ( kolom 1 ).


Hasilnya C – Am – Dm – G – F – C menjadi E – C#m – F#m – B – A – E.

Begitulah cara men-transpose atau merubah nada dasar.


Jika anda bermain musik dan susunan chordsnya C – Am – D 7 – G7 – C kemudian anda akan merubah nada dasar menjadi E. Tapi pada tabel di atas tidak ada chords D7 dan G7, caranya sama dengan contoh di atas, lihat barisnya dan kolomnya, kemudian belakangnya tambahkan jenis akornya. Jika akornya (chord) D7 maka akan menjadi F#7, G7 menjadi B7. Singkatnya minor tetap jadi minor, dominant 7 tetap jadi dominant 7 dan seterusnya.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Famili Chord / Akor"