Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi W.R. Soepratman

Wage Rudolf Soepratman adalah pencipta lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Beliau adalah pencipta lagu wajib nasional yang dikenal dan dikenang oleh masyarakat Indonesia. Data pribadinya sebagai berikut :

N a m a : Wage Rudolf Soepratman

Tempat/Tgl. Lahir : Purworejo ( Jawa Tengah ) , 9 Maret 1903 dan

Purworejo ( Jawa Tengah ) , 19 Maret 1903

Jatinegara, 9 Mret 1903.

Catatan : tempat dan tanggal lahir beliau masih dalam perdebatan. Namun pihak keluarga beliau akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah / kota untuk meluruskan hal ini.

Meninggal dunia : 17 Agustus 1938

Pendidikan : Normaal School di Makasar, Klein Amtenaar ( ijazah )

Karier / Pekerjaan : Guru di Makasar, pegawai perusahaan dagang, wartawan di Bandung.

Selain itu beliau adalah seorang musisi dan komposer.


foto wr soepratman pencipta lagu indonesia raya


Buah Karya lagu wajib / nasional.

1. Indonesia Raya

2. Ibu Kita Kartini

3. Di Timur Matahari

4. Matahari Terbit

5. Bangunlah Hai Kawan

6. Indonesia Ibuku

7. Bendera Kita Merah Putih

8. Mars Parindra

9. Mars KBI ( Kepanduan Indonesia )

10. Mars Surya Wirawan

11. Pahlawan Merdeka


Penghargaan :

W.R. Soepratman diberi gelas Pahlawan Nasional oleh pemerintah dan Bintang Maha Putera Utama Kelas III pada tahun 1971.

Keluarga dan Perjalanan :

W. R. Soepratman terlahir dari pasangan Djoemeno Senen Sastrosorhardjo dan Siti Senen. Beliau anak ketujuh dari sembilan bersaudara. Pada tahun 1914 beliau ikut kakaknya yang bernama Roekijem pergi ke Makasar. Di sana beliau disekolahkan dan dibiayai oleh suami Roekijem yang bernama Willem Van Eldik.

Ketika sedang menjadi wartawan di Bandung, beliau lalu pindah ke Jakarta. Namun pekerjaannya sebagai wartawan tidak ditinggalkan. Saat itu beliau mulai tertarik pada pergerakan nasional dan banyak bergaul dengan tokoh-tokoh pergerakan itu.

Rasa tidak suka pada penjajahan Belanda mulai tumbuh dan pada gilirannya dituangkan dalam sebuah buku yang berjudul “Perawan Desa”. Buku itu disita dan dilarang beredar oleh pemerintah Belanda. Setelah itu beliau pindah lagi ke Makasar .

W.R. Soepratman dikenal sebagai pemain biola, kemampuan bermusik ini didapat dari kakak iparnya Willem Van Eldik. Beliau mahir bermain biola dan menggubah lagu.

Suatu hari ketika di Jakarta beliau membaca sebuah karangan dalam majalah TIMBUL. Penulis karangan itu menantang ahli-ahli musik Indonesia umtuk menciptakan lagu kebangsaan. Merasa tertantang akhirnya beliau menciptakan lagu Indonesia Raya. Saat itu beliau berusia 21 tahun dan beliau menciptakan lagu itu di Bandung pada tahun 1924.

Lagu Indonesia Raya pertama kali dikumandangkan pada acara Kongres Pemuda II - dalam musik instrumentalia sebab jika dinyanyikan dengan liriknya kemungkinan besar akan ditangkap oleh Belanda. Kongres itu melahirkan Sumpah Pemuda.

Berikutnya lagu Indonesia Raya selalu dinyanyikan pada acara kongres partai politik waktu itu. Setelah Indonesia merdeka, lagu Indonesia Raya dijadikan lagu kebangsaan sebagai lambang persatuan bangsa.

Dampak dari menciptakan lagu Indonesia Raya, beliau selalu diburu polisi Hindia Belanda. Hingga beliau jatuh sakit di Surabaya. Sementara ketika beliau menciptakan lagu terakhirnya “Matahari Terbit” pada awal Agustus 1938, beliau ditangkap saat menyiarkan lagu tersebut. Kemudian dimasukkan ke penjara Kalisosok Surabaya. Pada akhirnya beliau meninggal karena sakit.

Bagi anda yang ingin tahu biografi pencipta lagu wajib lainnya, silakan klik judul di bawah ini.

Biografi Ismail Marzuki

Biografi Kusbini

Biografi R. Maladi

Biografi Sudharnoto

Biografi Alfred Simanjuntak

Biografi Cornel Simanjuntak

Biografi Ibu Sud ( Saridjah Niung )

Biografi H. Mutahar

Biografi L. Manik

Biografi Sartono

Semoga postingan ini bermanfaat.