Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi L. Manik

Liberty Manik atau lebih dikenal dengan L. Manik adalah seorang seniman dan intelektual. Beliau adalah pencipta lagu wajib nasional yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Data pribadinya sebagai berikut :


N a m a : Liberty Manik

Tempat/Tgl. Lahir : Sidikalang ( Sumatera Utara ), 21 November 1924.

Meninggal dunia : 16 September 1993, Yogyakarta.

Pendidikan : HIS Sidikalang, Sumatera Utara.

Sekolah Guru HIK Muntilan, Jawa Tengah.

Memperdalam musik di Amsterdam, lulus sebagai dirigen koor.

Freie Universitat di Berlin Barat, Jerman. Lulus predikat Magna Cum Laude.

Karier / Pekerjaan : Pemain biola dan penyanyi ( Semarang ), pengajar, komposer, penyiar Radio, jurnalis. Selain itu beliau juga penulis buku ( perlu rujukan ).


foto liberty manik pencipta lagu


Buah Karya lagu wajib / nasional.

1. Satu Nusa Satu Bangsa

2. Desaku Yang Kucinta


Penghargaan :

Bintang Budaya Paramadharma


Keluarga dan lainnya :

L. Manik dilahirkan dengan nama Raja Tiang Manik dari pasangan Raja Patihan Manik dan Salat br. Situmorang. Masa kecilnya dihabiskan di tempat kelahirannya di Sidikalang dan setelah lulus dari HIS pada tahun 1940 kemudian melanjutkan pendidikannya di sekolah guru HIK Muntilan, Jawa Tengah. Di sana beliau berkenalan dengan Cornel Simajuntak (pencipta lagu wajib) dan bersahabat dengan Alfred Simanjuntak ( pencipta lagu wajib ).

Pada tahun 1942 ketika Jepang masuk ke Indonesia HIK Muntilan ditutup, dampak dari itu akhirnya beliau menjadi pemain biola dan penyanyi di Semarang.

Pada tahun 1946 beliau kembali ke Yogyakarta untuk melanjutkan studi dan mendirikan kelompok paduan suara “ Koor Lagu-Lagu Tanah Air “. Melalui paduan suara inilah lagunya yang berjudul “Satu Nusa Satu Bangsa” menjadi lebih dikenal luas.

Pada tahun 1949 beliau ke Jakarta untuk bekerja pada Majalah Arena pimpinan H. Usmar Ismail.

Pada tahun 1951 beliau kembali ke Sumatera Utara, aktif dalam kelompok paduan suara di RRI Medan.

Pada tahun 1954 mendapat beasiswa dari Lembaga Kerjasama Indonesia Belanda untuk memperdalam musik di Amsterdam. Tahun 1955 dinyatakan lulus sebagai dirigen koor.

Pada tahun 1959 lagi-lagi beliau mendapat beasiswa untuk belajar musik, kali ini di Freie Universitat di Berlin Barat, Jerman. Beliau lulus dengan predikat Magna Cum Laude pada tahun 1968. Beliau pernah tinggal di Eropa kurang lebih selama 18 tahun.

Pada tahun 1976 beliau kembali ke Indonesia dan bekerja di Dewan Gereja Indonesia. Selain itu beliau mengajar musik di Institut Seni Indonesia, di Yogyakarta.

Yogyakarta merupakan kota kesukaan beliau, di sanalah beliau mengabdikan diri untuk seni dan kehidupannya. Hingga akhirnya beliau dipanggil Yang Mahakuasa pada tanggal 16 September 1993, dikebumikan di pemakaman seniman di Imogiri, , Bantul, Yogyakarta.

Pemerintah daerah tempat kelahiran L. Manik membangun monumen Liberty Manik untuk mengenang jasa putera daerahnya yang diresmikan tahun 1997.

Bagi anda yang ingin tahu lebih banyak tentang biografi pencipta lagu wajib, silakan klik judul di bawah ini.

Biografi Sartono

Biografi W.R. Soepratman

Biografi Ismail Marzuki

Biografi Kusbini

Biografi R. Maladi

Biografi Sudharnoto

Biografi Alfred Simanjuntak

Biografi Cornel Simanjuntak

Biografi Ibu Sud ( Saridjah Niung )

Biografi H. Mutahar

Semoga postingan ini bermanfaat.