Biografi Sudharnoto


Sudharnoto seorang seniman yang menciptakan lagu “Garuda Pancasila”, sebuah lagu yang sangat terkenal dan menjadi lagu wajib nasional.

Beliau adalah pencipta lagu dan pembuat ilustrasi musik film yang dikenal luas oleh masyarakat  Indonesia. Data pribadinya sebagai berikut :

N a m a                 :  Sudharnoto
Tempat/Tgl. Lahir            :  Kendal, Jawa Tengah, 24 Oktober 1925.
Meninggal dunia              :  11 Januari 2000.
Pendidikan         :   Universitas Indonesia, Fak Kedokteran ( tingkat 2 )
 Karier / Pekerjaan          :  Musisi
                                                   Komponis





Buah Karya lagu.

1.  Bunga Sakura
2.  Mars Teruna Bangsa
3.  Keroncong Kewajiban Pemuda
4.  Pantai Selatan
5.  Gadis Gunung
6.  Harum Bunga di Waktu Malam
7.  Asmara Dewi
8.  Senja Buta
9.  Melati Pagi
10. Asia-Afrika Bersatu
11. Maju Sukarelawan
12. Garuda Pancasila (diubah tahun 1956)


Ilustrasi musik untuk Film

1.  Juara Sepatu Roda
2.  Notaris Sulami
3.  Baja Membara
4.  Sayem
5.  Di Ambang Fajar
6.  Koboi Cilik
7.  Anak Emas
8.  Cintaku Tergadai
9.  Kabut Sutra Ungu (memenangkan piala citra tahun 1980)

Musik Rekaman yang beliau selesaikan :

1.  Musik Nostalgia Mengenang Ismail Marzuki
2.  Hidup Indonesia



Keluarga dan lainnya :
Sudharnoto setidaknya dilahirkan di keluarga musik, tepatnya ibu beliau pandai bermain akordeon dan ayahnya yang adalah dokter pribadi  juga pandai bermain musik.
Sudharnoto belajar musik kepada beberapa seniman di antaranya  Jos Cleber, Daljono, Soetedjo, dan R.A.J. Soedjasmin. Dalam  kancah musik beliau tergabung dengan  Orkes Hawaiian Indonesia Muda pimpinan Maladi, yang mengisi siaran RRI (Radio Republik Indonesia) Sala.
Selanjutnya pada tahun 1952 beliau bekerja di RRI Jakarta, pernah menjabat sebagai kepala Seksi Musik, dan pengisi acara tetap “Hammond Organ Sudharnoto”.
Sampai di sini kemudian beliau mendapat musibah, beliau yang tergabung dalam Lekra konon katanya tergabung pula dalam PKI ( Partai Komunis Indonesia ). Jaman Orde Baru PKI sangat dilarang, sebenarnya sekarang pun dilarang. Namun berbeda dengan jaman itu, pada akhirnya beliau ditangkap dan dipenjarakan beberapa tahun.
Selesai masa penjara beliau menjadi agen Es Petojo di Jakarta dan menjadi sopir taksi. Namun pada gilirannya beliau bisa menjadi seniman kembali.
Kisah tentang beliau tergabung dalam PKI masih menjadi  “tanda tanya besar” bagi sebagian orang. Pasalnya banyak sumber yang mengatakan bahwa itu belum tentu benar.
Menjelang akhir  hidupnya, beliau pernah bekerja sebagai pengurus makam Chairil Anwar dan Ismail Marzuki di TPU Karet Kevak, Jakarta. Di makam itu juga beliau dikebumikan pada tahun 2000.




NB:
Saya kesulitan mencari referensi atau data alm. Sudharnoto. Karenanya biografi ini jauh dari lengkap. Namun akan saya update jika menemukan hal-hal penting yang terkait.



Sumber  :
Dari berbagai sumber



Belum ada Komentar untuk "Biografi Sudharnoto"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel