Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Sartono

Sartono adalah pencipta lagu “Hymne Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.” Beliau salah seorang pencipta lagu wajib nasional yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Data pribadinya sebagai berikut :


N a m a : Sartono

Tempat/Tgl. Lahir : Madiun ( Jawa Timur ), 29 Mei 1936

Meninggal dunia : 1 November 2015 di Madiun, Jawa Timur.

Pendidikan : SMA kelas 2.

Karier / Pekerjaan : Guru seni musik, musisi, komposer.


foto sartono pencipta lagu


Buah Karya lagu wajib / nasional.

1. Hymne Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.

Menurut kabarnya beliau menciptakan 8 lagu bertema pendidikan. Sayangnya lagu itu tidak terpublikasikan.


Keluarga dan lainnya :

Sartono tinggal bersama isterinya ( Damiyati ) di Madiun ( tidak punya anak ).

Sartono muda sudah pandai bermain musik – belajar musik secara autodidak. Beliau membentuk band yang diberi nama Combo Ria. Selain itu beliau juga tergabung dalam Korps Musik Ajudan Jenderal Resor Militer (Ajenrem) Madiun.

Pada tahun 1978 Sartono memulai karirnya sebagai guru seni musik mengajar di SMP Katolik Santo Bernardus, Madiun. Sebagai guru jaman dulu apalagi guru honorer tentu saja penghasilannya pas-pasan, bahkan andai jadi guru tetap pun akan tetap pas-pasan. Namun beliau tetap menjadi guru, menjadi pahlawan tanpa tanda jasa, seperti yang tercantum dalam lirik lagunya.

Kecintaannya terhadap musik membuat beliau menciptakan beberapa buah lagu. Pada tahun 1980 ada lomba cipta lagu dengan tema pendidikan yang diselenggarakan oleh Depdikbud. Beliau mengikuti lomba tersebut dengan mengirim lagu ciptaannya yang berjudul “Hymne Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”. Beliau menjadi pemenang / juara pada lomba tersebut. Mulai dari itu beliau mulai dikenal luas dan beliau mendapat penghargaan dari Mendikbud Yahya Muhaimin dan Dirjen Pendidikan Soedardji Darmodihardjo terkait dengan lagu Hymne Guru.

Kehidupan beliau tidak lepas dari main musik bersama kelompoknya dan mengajar. Namun di dunia ini tidak ada yang abadi, setiap manusia pasti meninggal dunia, begitu juga dengan beliau. Pada tanggal 1 November 2015 di Madiun beliau meninggal dunia karena sakit ( komplikasi ), dimakamkan di Madium, Jawa Timur.

Bagi anda yang ingin tahu biografi pencipta lagu yang lain, silakan klik judul di bawah ini.

Biografi W.R. Soepratman

Biografi Ismail Marzuki

Biografi Kusbini

Biografi R. Maladi

Biografi Sudharnoto

Biografi Alfred Simanjuntak

Biografi Cornel Simanjuntak

Biografi Ibu Sud ( Saridjah Niung )

Biografi H. Mutahar

Biografi L. Manik


Semoga postingan ini bermanfaat.