Biografi Sartono


Sartono adalah pencipta lagu “Hymne Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.”
Beliau salah seorang pencipta lagu wajib nasional yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Data pribadinya sebagai berikut :

N a m a                    :  Sartono
Tempat/Tgl. Lahir   :  Madiun ( Jawa Timur ), 29 Mei 1936
Meninggal dunia     :  1 November 2015 di Madiun, Jawa Timur.
Pendidikan               :  SMA kelas 2.

Karier / Pekerjaan    :  Guru Seni  Musik
                                    Musisi
                                    Komposer




Buah Karya lagu wajib / nasional.

1. Hymne Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.
               
Menurut kabarnya beliau menciptakan 8 lagu bertema pendidikan.


Keluarga dan lainnya :
Sartono tinggal bersama isterinya ( Damiyati ) di Madiun  (  tidak punya anak  ).
Sartono muda sudah pandai bermain musik – belajar musik secara autodidak. Beliau membentuk band yang diberi nama Combo Ria. Selain itu beliau juga tergabung dalam  Korps  Musik Ajudan Jenderal  Resor Militer (Ajenrem) Madiun.
Pada tahun 1978 Sartono memulai karirnya sebagai guru seni musik mengajar di SMP Katolik Santo Bernardus, Madiun. Sebagai guru jaman dulu apalagi guru honorer tentu saja penghasilannya pas-pasan, bahkan andai jadi guru tetap pun akan tetap pas-pasan. Namun beliau tetap menjadi guru, menjadi pahlawan tanpa tanda jasa, seperti yang tercantum dalam lirik lagunya.

Kecintaannya terhadap musik membuat beliau menciptakan beberapa buah lagu. Pada tahun 1980 ada lomba cipta lagu dengan tema pendidikan yang diselenggarakan oleh Depdikbud.  Beliau mengikuti  lomba tersebut dengan mengirim lagu ciptaannya yang berjudul  “Hymne Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”. Beliau menjadi pemenang / juara pada lomba tersebut. Mulai dari itu beliau mulai dikenal  luas dan beliau mendapat penghargaan dari  Mendikbud Yahya Muhaimin dan Dirjen Pendidikan Soedardji Darmodihardjo terkait dengan lagu Hymne Guru.

Kehidupan beliau tidak  lepas dari main musik bersama kelompoknya dan mengajar.  Namun di dunia ini tidak ada yang abadi, setiap manusia pasti meninggal dunia, begitu juga dengan beliau. Pada tanggal 1 November 2015 di Madiun beliau meninggal dunia karena sakit ( komplikasi ), dimakamkan di Madium,  Jawa Timur.

Sumber :
Dari berbagai sumber.


NB:.
Saya kesulitan mencari data untuk biografi Alm. Sartono ini. Saya akan upadate jika saya menemukan hal-hal baru yang berhubungan dengan beliau.


Belum ada Komentar untuk "Biografi Sartono"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel