Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi R. Maladi

R. Maladi begitu nama yang dikenal oleh khalayak. Beliau adalah pencipta lagu yang beberapa lagunya dikategorikan sebagai lagu wajib nasional. Data pribadinya sebagai berikut :

N a m a : R. Maladi

Tempat/Tgl. Lahir : Surakarta, Jawa Tengah, 30 Agustus 1912

Meninggal dunia : 30 April 2001, Jakarta.

Pendidikan : HIS, MULO, dan AMS -B Yogyakarta.

Karier / Pekerjaan : Ketua Umum PSSI periode (1950-1959), Menteri Penerangan (1959-1962), Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga (1964-1966), Anggota TNI AD.

Selain itu beliau juga pemain sepakbola sebagai kiper (masa muda) untuk kesebelasan Yogyakarta pada tahun 1930-an dan menjadi kiper untuk Timnas Indonesia waktu itu. Bahkan beliau pernah menjadi wasit sepak bola.


foto r maladi pencipta lagu


Buah Karya lagu.

1. Di Bawah Sinar Bulan Purnama

2. Rangkaian Melati

3. Serumpun Padi

4. Dari Gelap Terbit Terang

5. Nyiur Hijau

6. Biola Berbunyi

7. Mars Pemuda

8. Solo di Waktu Malam

9. Biola Tiga Satu Suara

10.Telaga Biru


Penghargaan :

Bintang Gerilya

Bintang Kemerdekaan

Bintang Mahaputera Kelas III


Keluarga dan lainnya :

R. Maladi memiliki seorang isteri yang bernama Siti Khadijah dan dikaruniai sembilan anak . Semasa mudanya beliau sangat menyukai sepak bola. Oleh sebab itu beliau pernah menjadi kiper dan wasit hingga Ketua Umum PSSI. Plus beliau tergabung dalam PSSI sebagai Ketua Dewan Kehormatan sampai akhir hayatnya.

Selain olah raga beliau tergabung dalam divisi X TNI AD Solo, dengan pangkat terakhir mayor. Beliau pernah terlibat perang langsung dalam Perang Kemerdekaan - memimpin Tentara Pelajar melawan Belanda. Pada gilirannya perang itu disebut Serangan Umum Empat Hari di Solo.

Ketika menjadi Menteri Penerangan beliau merintis proyek Televisi Republik Indonesia atas perintah Presiden Soekarno pada tanggal 25 Juli 1961, mengeluarkan SK Menpen No. 20/SK/M/1961 tentang pembentukan Panitia Persiapan Televisi (P2T) dan mulai mengudara 24 Agustus 1962.

Beliau meninggal dunia pada tanggal 30 April 2001 karena sakit, Di Jakarta. Dikebumikan Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Bagi anda yang ingin tahu biografi pencipta lagu lain, silakan klik judul di bawah ini.

Biografi Sudharnoto

Biografi Alfred Simanjuntak

Biografi Cornel Simanjuntak

Biografi Ibu Sud ( Saridjah Niung )

Biografi H. Mutahar

Biografi L. Manik

Biografi Sartono

Biografi W.R. Soepratman

Biografi Ismail Marzuki

Biografi Kusbini

Semoga postingan ini bermanfaat.