Tanda Sukat 3/4 ( Birama 3/4 )

Saat ini saya akan membahas tentang tanda sukat 3/4 atau birama 3/4 atau ketukan 3/4. Apapun istilahnya yang penting anda tahu maksudnya. Didalam bahasa Inggris tanda sukat ini disebut time signature.

Tanda Sukat 3/4 ini umumnya digunakan untuk lagu-lagu yang tidak cepat. Tanda sukat ini untuk jaman sekarang jarang digunakan, tetapi  jaman dulu banyak yang menggunakan tanda  sukat atau birama 3/4 ini. Tanda sukat ini tidak pernah memiliki tempo yang cepat, pasalnya jika birama 3/4 ini dipercepat, maka akan menjadi birama 6/8.

Tanda sukat 3/4 dalam paranada berarti bahwa di dalam 1 bar memiliki 3 beat ( 3 ketuk ), dan masing-masing ketukan bernilai 1/4 not  ( dalam notasi balok ).
Lebih jelasnya lihat notasi di bawah ini.


Pada gambar di atas ada tulisan 60 ( bagian atas kanan ), artinya bahwa lagu itu memiliki tempo 60.   Dalam tempo 60 setiap not 1/4 memiliki durasi 1 detik. Gambar di atas memiliki 30 not yang masing-masing bernilai 1/4 not, artinya jika notasi di atas dimainkan maka akan membutuhkan waktu 30 detik. Jika anda ingin tahu dengar  videonya  yang ada di bagian bawah.

Jika anda ingin lebih tahu tentang nilai not, anda bisa membuka postingan yang berjudul  Nilai Not Balok. Sekalian buka juga postingan yang berjudul Tempo Musik, karena keduanya sangat berhubungan.

Baiklah sekarang coba dengar videonya.


Semoga bermanfaat.


NB:

Disarankan membaca tanda sukat yang lain seperti  tanda sukat 2/4, 4/4 dan lainnya sebagai perbandingan.

Belum ada Komentar untuk "Tanda Sukat 3/4 ( Birama 3/4 )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel