Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nilai Not Balok

Nilai not merupakan bagian yang sangat penting dalam belajar not balok, karenanya bagi anda yang baru belajar not balok, wajib tahu. Di sini dibahas dengan sederhana sehingga mudah dipahami.

Pada saat ini saya akan membahas tentang nilai not yang ada pada not balok. Nilai not ini menjadi bagian yang sangat penting dalam notasi balok, fungsinya untuk menentukan durasi not. Dengan kata lain untuk menentukan panjang pendeknya suara pada not itu.

Sebagai contoh lihat notasi di bawah ini.


nilai not / tanda diam pada not balok


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Notasi di atas menggunakan tempo 60 dengan tanda sukat 4/4. Tempo 60 artinya 60 BPM (beat per minute) atau dalam 1 menit memiliki 60 beat (ketuk), dan tanda sukat 4/4 artinya bahwa dalam 1 bar memiliki 4 beat (ketuk), jadi dalam 1 bar memiliki durasi 4 detik.

Pada bar ke-1 adalah not penuh (whole note), not tersebut berdurasi 4 detik atau memiliki 4 ketuk. Not penuh tidak memiliki tangkai dan tidak diberi warna hitam pada kepala not (bulatan yang ada pada not balok).

Pada bar ke-2 adalah not setengah (half note), not tersebut berdurasi 2 detik atau memiliki 2 ketuk. Not setengah memiliki tangkai not dan warna kepala notnya tidak hitam.

Pada bar ke-3 adalah not seperempat (quarter note), not tersebut berdurasi 1 detik atau memiliki 1 ketuk. Not seperempat memiliki tangkai dan berwarna hitam pada kepala notnya.

Pada bar ke-4 adalah not seperdelapan (eighth note), not tersebut berdurasi 1/2 detik atau memiliki 1/2 ketuk. Not seperdelapan memiliki tangkai, 1 bendera dan kepala not berwarna hitam.

Pada bar ke-5 adalah not seperenam belas (sixteenth note), not tersebut berdurasi 1/4 detik atau memiliki 1/4 ketuk. Not ini memiliki tangkai , 2 bendera dan kepala not berwarna hitam.

Pada bar ke-6 adalah not sepertiga puluh dua (thirty second note ), not tersebut berdurasi 1/8 detik atau memiliki 1/8 ketuk. Not ini memiliki tangkai, 3 bendera dan kepala not berwarna hitam.

Selain itu ada not seperenam puluh empat dan seperatus dua puluh delapan. Tapi kedua not ini sangat jarang dipakai.

Dalam notasi balok tangkai not kadang posisinya di bawah atau di atas, posisi ini tidak mempengaruhi nilai not.

Jika contoh di atas temponya dirubah menjadi 90 BPM maka dengan sendirinya durasi pada setiap nilai not akan berubah tetapi beat (ketukan) tidak berubah jumlahnya. Maksudnya dalam 1 bar tetap ada 4 beat ( ketuk), namun durasinya berbeda dengan tempo 60.

Pasangan dari nilai not adalah tanda diam / tanda istirahat, jika anda ingin tahu silakan buka postingan ini Tanda Diam Musik.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Nilai Not Balok"