Tanda Sukat 2/4 ( Birama 2/4 )

Pada postingan ini saya akan membahas tentang tanda sukat 2/4 atau birama 2/4 atau dalam bahasa inggrisnya disebut time signature 2/4. Ada juga yang menyebut  ketukan 2/4.
Tanda sukat 2/4 atau birama 2/4 ini pada umumnya digunakan untuk lagu-lagu yang temponya sedang sampai cepat. Oleh sebab itu tanda sukat ini seringkali digunakan untuk musik gembira atau semangat, misalnya musik country, musik rock and roll, musik mars dan lainnya.

Tanda sukat 2/4 di dalam sebuah lagu artinya pada setiap bar  memiliki 2 ketuk. Supaya lebih jelas lihat contoh notasi di bawah ini.



Pada contoh di atas saya sengaja menggunakan tempo 60 agar nantinya bisa dibandingkan dengan tanda sukat yang lain. Pada umumnya tanda sukat 2/4 ini paling sedikit  bertempo 90.
Bagian penting untuk diperhatikan adalah nilai not yang ada pada setiap bar. Setiap not memiliki nilai 1 ketuk atau disebut sebagai 1/4 ( seperempat ) not.  Dalam tempo 60 nilai 1/4 not berdurasi 1 detik. Untuk lebih mengerti tentang nilai not dan tempo dalam musik, silakan baca postingan yang berjudul  Nilai Not Balok dan Tempo Musik .
Agar lebih jelas, dengar  notasi di atas, silakan  klik videonya  di bawah ini.



Notasi di atas ada 30 not  berarti durasinya 30 detik. Silakan gunakan jam untuk memastikan.

Mungkin masih banyak kekurangan dalam pembahasan tanda sukat 2/4 ini, tapi paling tidak postingan ini dapat dijadikan referensi bagi anda yang menyukai musik.
Semoga bermanfaat.

  

Belum ada Komentar untuk "Tanda Sukat 2/4 ( Birama 2/4 )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel