Tanda Sukat 3/8 ( Birama 3/8 )

Pada saat ini saya akan membahas tentang tanda sukat 3/8 atau birama 3/8, yang juga dikenal  dengan istilah ketukan 3/8 - dalam bahasa Inggrisnya disebut time signature.

Tanda sukat 3/8 ini jarang digunakan, tetapi pada waktu lalu  kadangkala digunakan. Meskipun tanda sukat 3/8  tidak digunakan pada lagu-lagu pop saat ini tapi tidak ada salahnya kita tahu, anggap saja  sebagai referensi. Siapa tahu nanti menemukan lagu atau kompoisisi musik dengan tanda sukat 3/8.

Tanda sukat 3/8 ini didalam paranada memiliki 3 beat (ketukan) dan setiap ketukan bernilai 1/8 not. Lebih jelasnya lihat notasi di bawah ini.


Pada bagian atas ada angka 60, itu menunjukkan tempo. Dalam tempo 60 setiap not yang bernilai 1/4 not memiliki durasi 1 detik. Notasi pada gambar di atas adalah not 1/8 artinya memiliki durasi 1/2 detik. Untuk mengerti tentang nilai not silakan buka postingan yang berjudul  Nilai Not Balok.
Jika kita perhatikan setiap bar dari notasi di atas maka dapat disimpulkan bahwa setiap bar memiliki 3 beat dengan setiap beat bernilai 1/8 not , setiap bar berdurasi  1 1/2 (satu setengah) detik.
Jika kita mainkan notasi di atas maka membutuhkan waktu 30 detik, hitungannya  notasi di atas memiliki 20 bar dan setiap bar berdurasi 1 1/2 detik.
Supaya lebih jelas, silakan klik video di bawah ini.



Semoga bermanfaat.


NB:
Tanda sukat 3/8 ini bisajuga dipakai untuk perbandingan dengan tanda sukat yang lain.


Belum ada Komentar untuk "Tanda Sukat 3/8 ( Birama 3/8 )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel