Tanda Sukat 4/4 ( Birama 4/4 )

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang tanda sukat 4/4 atau birama 4/4 atau ketukan 4/4 yang dalam bahasa Inggris disebut  time signature.

Didalam penulisan notasi balok tanda sukat 4/4 ini umumnya ditulis seperti  tanda sukat yang lain. Maksudnya ditulis dengan angka di depan clef seperti contoh di bawah ini,



Selain itu ada tanda sukat 4/4 yang ditulis dengan huruf C seperti di bawah ini,




Umumnya tanda sukat 4/4 ditulis seperti  kedua gambar di atas. Namun ada  tanda sukat  yang memiliki 4 ketuk seperti layaknya tanda sukat 4/4, yaitu tanda sukat 2/2 alla breve.
Lihat gambarnya di bawah ini.


  
Tanda sukat 4/4 merupakan tanda sukat yang paling sering digunakan. Hampir semua genre musik menggunakan tanda sukat ini. Ciri khas dari tanda sukat ini adalah bahwa dalam 1 bar memiliki 4 ketuk dan setiap ketuk memiliki nilai not 1/4. Tanda sukat 4/4 digunakan dalam tempo lambat, sedang dan cepat. Dengan kata lain digunakan untuk semua tempo.

Untuk lebih jelas tentang tanda sukat 4/4 lihat  video  di bawah ini.



Dalam video di atas ada not 1/4 berjumlah 30 not. Dalam tempo 60 artinya 60 BPM (beat per minute) maka jumlah durasi semua not adalah 30 detik. Oleh sebab itu notasi  di atas akan berhenti  tepat setelah 30 detik.


Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tanda Sukat 4/4 ( Birama 4/4 )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel