Not Angka Lagu Juru Pencar

Not angka lagu Juru Pencar dan chord lagu Juru Pencar yang diposting di sini. Selain itu ada audio/video lagu tersebut untuk mendengar melodi lagunya.

Lagu Juru Pencar adalah lagu daerah Bali,  penciptanya tidak diketahui. Lagu ini menceritakan tentang kehidupan penangkap ikan atau nelayan, supaya lebih jelas silakan buka halaman Arti Lagu Juru Pencar.
Baiklah kita lihat not angka lagu tersebut

Klik gambarnya untuk memperbesar.


not angka juru pencar


Jika ingin mendengar melodi lagu Juru Pencar, silakan putar audio/video di bawah ini.




Notasi balok lagu Juru Pencar di atas  bernada dasar C. Jika anda ingin belajar not balok nada dasar C anda tinggal melihat video di atas. Caranya lihat not angka yang ada di atas not balok itu. Perhatikan notasi balok dan notasi angkanya.

Selain lagu Juru Pencar,  daerah Bali memiliki lagu yang terkenal di antaranya Macepet-Cepetan, Mejangeran, dan Meyong-Meyong.

Jika anda menginginkan partitur lagu Juru Pencar, silakan tulis pada formulir kontak. Saya akan kirim melalui email secepatnya.
Semoga postingan ini bermanfaat.




NB:
Jika ada link ( tautan ) warna biru yang tidak aktif atau tidak berfungsi, tolong beri tahu melalui kotak komentar agar saya bisa memperbaiki segera. Terima kasih.
Agustus 2020.



Postingan di bawah ini hanya sebagai pelengkap, semoga berguna. 

Nilai-nilai Pendidikan Karakter Lagu Juru Pencar

Kerja Keras
Sikap bekerja keras ditunjukkan pada penggalan “mai jalan mencar ngejuk ebé”. Pada kenyatannya tidaklah mudah bagi para nelayan untuk dapat menangkap ikan dari habitatnya. Untuk dapat meringankan pekerjaan yang dilakukannya maka dibuatlah jala (pencar). Sikap bekerja keras layaknya yang dimiliki oleh para nelayan merupakan cerminan kehidupan yang patut ditiru oleh para siswa baik di rumah maupun di sekolah. Maka yang dianggap sebagai ikan (bé) kemudian adalah ilmu pengetahuan itu sendiri. Dengan kecerdasan intelektual sebagai alatnya (pencar), seorang siswa harus banyak menangkap berbagai jenis ilmu pengetahuan di tempat-tempat di mana ia dapat mempelajarinya (ekosistem) sekaligus dari hasil belajarnya diharapkan dapat membedakan antara hal yang baik dan yang buruk (menjaring).

Peduli Lingkungan
Danau, sungai, kolam, muara, dan laut adalah sawa atau habitat dari ikan dan sejenisnya. Apabila habitat ini tidak dijaga dengan baik, maka lama-kelamaan ikan akan sulit berkembang biak dan jumlahnya dipastikan akan berkurang.Untuk mengindari terjadinya hal tersebut dan menjaga keberlangsungan hidup maka sudah menjadi suatu kewajiban bagi para nelayan dan masyarakat lainnya untuk senantiasa menjaga dan melestarikannya. Sebagaimana layaknya sudah menjadi kewajiban bagi para siswa untuk selalu menjaga dan merawat kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolahnya agar suasana belajar menjadi aman dan nyaman.

Mandiri
Seorang nelayan yang menangkap ikan dengan jala (pencar) adalah sosok karakter yang mandiri. Para nelayan harus melempar dan membentangkan jaringnya ke arah yang diketahui atau dicurigai terdapat banyak ikannya. Hal ini dapat dilihat dari petikan, „bé gedé- gedé, bé gedé- gedé di sawané jaka liyu‘. Demikian pula halnya seorang siswa, yang harus belajar mandiri namun juga kreatif dalam mencari dan menggali berbagai jenis dan bentuk ilmu pengetahuan dari lingkungan belajarnya. Harus disadari bahwa ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang amat bernilai untuk menambah serta mengembangkan potensi dan wawasan siswa.

Bersahabat / komunikatif
Penggalan, ―juru pencar, juru pencar, mai jalan mencar ngejuk ebé‖ merupakan suatu kalimat yang bernada ajakan. Hal ini menunjukkan adanya komunikasi yang baik diantara para nelayan untuk bersama-sama menangkap ikan. Begitu pula bagi seorang siswa yang ingin berkembang dan bersaing. Ajakan untuk selalu menambah wawasan dan menggali potensi sebanyakbanyaknya juga harus dijalin dengan baik. Antara siswa yang satu dengan yang lainnya harus saling mendukung, memotivasi, dan memberi contoh. 

Rasa Ingin Tahu
Pembelajaran tentu memerlukan suatu proses. Tahap awal belajarnya, seorang nelayan mestilah akan dibimbing oleh orang yang lebih berpengalaman. Berbagai petunjuk yang didapatkan akan dijadikan sebagai pedoman untuk mengembangkan teknik menangkap ikannya. Alam telah menyediakan potensi yang berlimpah, namun para nelayan harus banyak belajar dari gejala alam agar dapat menangkap ikan dengan mudah dan mendapatkan hasil yang banyak. Maka dari itu, menjadi seorang siswa diharapkan memiliki rasa ingin tahu yang begitu mendalam terhadap segala sesuatu yang telah dan akan dipelajarinyya. Dengan mengetahui banyak hal dan pengetahuan alhasil ia dapat memperoleh banyak rezeki dan memiliki daya saing yang tinggi serta berpeluang dalam segala hal. 

Tanggung Jawab
Profesi sebagai nelayan merupakan bentuk dari tanggung jawab manusia terhadap diri dan kehidupan sosialnya. Mencari ikan tidak saja merupakan suatu kesenangan tetapi hasil dari menangkap ikan diharapkan dapat mempertahankan serta meningkatkan kehidupan pribadi dan kelompok. Demikian juga para siswa yang mengenyam pendidikan di sekolah. Dengan bersekolah mereka diharapkan memiliki berbagai pengetahuan dan dapat mengimplementasikannya di dalam kehidupan bermasyarakat kelak di kemudian hari. Tidak saja menuntut pengetahuan yang tinggi namun juga dapat menghasilkan sesuatu yang berguna demi keberlangsungan hidup masyarakat luas.


Sumber : 
http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/PN/article/download/36/35/


Belum ada Komentar untuk "Not Angka Lagu Juru Pencar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel