Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada A

Pada kesempatan ini saya akan membahas cara translate / menterjemahkan not angka menjadi not balok nada dasar A. Pembahasan menggunakan contoh lagu sehingga lebih mudah dipahami.

Mungkin ada di antara anda yang belum tahu / mengerti  tentang notasi angka maupun notasi balok.  Saya sarankan untuk membaca postingan yang berjudul SekitarNot Angka dan Mengenal Not Balok agar lebih mudah untuk mengerti postingan ini.

Untuk menterjemahkan notasi angka ke notasi balok dibutuhkan tangga nada A ( sebagai pedoman ), tujuannya agar lebih mudah dalam menterjemahkan.
Di bawah ini tangga nada A ( solmisasi ) atau disebut juga Scale A Major.




 Dalam notasi balok nada dasar A diberi tanda kres ( # ) sebanyak 3 buah. Jika ingin mengerti kenapa diberi tanda kres ( # ), anda bisa melihatnya  pada postingan saya yang lain ( lihat menu di samping ).
Pada gambar di atas notasi balok dimulai pada spasi ke-2, dalam alat musik keyboards posisinya berada pada oktaf ke-4 nada A.
Angka di bawahnya menunjukkan notasi angka. Tanda satu titik di atas notasi angka menunjukkan lebih tinggi  satu oktaf dari yang tidak pakai titik ( notasi normal ).  Sementara dua titik di atas menunjukkan lebih tinggi 2 oktaf dari notasi normal. Jika posisi titik berada di bawah notasi angka artinya lebih rendah oktafnya dari notasi yang normal.
Selanjutnya lihat contoh notasi yang akan diterjemahkan.




Angka 82 di atas artinya tempo 82 dan 4/4 artinya tanda birama 4/4.
Jika diterjemahkan ke dalam notasi balok, hasilnya akan seperti di bawah ini.




Untuk menterjemahkan notasi angka menjadi notasi balok, caranya lihat notasi angka yang akan diterjemahkan ( Notasi Nada A ) kemudian lihat posisinya pada Solmisasi Nada A, lalu letakkan notasi itu kedalam garis paranada not balok.

Contoh :
Pada bar ke- 1 ada notasi angka 1 . 3 2 . 1 ( lihat notasi angka Notasi Nada A ).
Angka 1 ( do ) letakkan pada spasi ke-2 dalam garis paranada ( lihat gambar ). Angka 1 ( do ) ini bernilai 1 ketuk namun ada tanda titik bergaris di atasnya maka nilai notnya menjadi 1 ½ ketuk. Tanda titik itu mewakili 1 ketuk dan tanda 1 garis di atas artinya membagi 2 nilai not titik tersebut, sehingga nilainya menjadi 1/2 ketuk. Baca postingan  Sekitar Not Angka supaya lebih mengerti.
Angka 3 ( mi ) juga memiliki 1 garis artinya mi tersebut bernilai 1/2 ketuk. Dalam notasi balok nilai not 1/2 ketuk diberi bendera 1 buah. Anda tinggal letakkan not 3 ( mi ) itu pada spasi ke-2 di garis paranada.
Pada bar ke-1 itu ada garis lengkung di bawah - namanya slur atau legato. Garis lengkung itu berfungsi  untuk menyambungkan beberapa notasi. Dalam contoh di atas adalah not 1 ( do ) dan not 3 ( mi ) bersambung. Maksudnya jika dimainkan tidak boleh terputus suaranya.
Angka 2 ( re ) bernilai 1 ketuk, dalam notasi balok nilai not 1 ketuk tidak diberi bendera. Not angka 2 ( re ) ini ada titik di depannya ( bergaris ) berarti nilai notnya menjadi 1 ½ ketuk.
Angka 1 ( do ) bernilai 1/2 ketuk karena ada garis di atasnya. Letakkan angka 1 ( do ) itu pada spasi ke-2 dalam garis paranada ( lihat gambar Solmisasi Nada A ).

Pada bar ke-2 ada notasi angka 7 . . 5 5  ( lihat notasi angka Notasi Nada A ).
Angka 7 ( si ) bernilai 1 ketuk kemudian di depannya ada 2 titik artinya not 7 ( si ) itu bernilai 3 ketuk.  Pasalnya satu titik mewakili 1 ketuk.  Not angka 7 di atas memiliki titik di bawah artinya not angka 7 berada dalam oktaf yang lebih rendah, tepatnya lebih rendah 1 oktaf dari notasi normal.
Angka 5 5 bergaris dan bertitik di atas artinya tanda satu garis di atas not menunjukkan not tersebut dibagi 2 atau dari 1 ketuk menjadi 1/2  ketuk dan tanda satu titik di bawah artinya not tersebut lebih rendah  1 oktaf dari not normal.

Saya tidak membahas bar-bar yang lain karena bar 1 dan 2 sudah mewakili namun pada bar ke-4 ada angka 0 artinya tanda istirahat atau tanda diam ( lihat gambar not baloknya ). Angka 0 bernilai 1 ketuk jika tidak diberi garis.
Jika ada yang kurang jelas silakan bertanya di kotak komentar.

Semoga postingan ini berguna.

Belum ada Komentar untuk "Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada A"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel