Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada C

Pada kali ini akan dibahas cara menterjemahkan not angka menjadi not balok nada C. Pembahasan menggunakan gambar sehingga lebih mudah dipahami.

Postingan ini terutama buat anak sekolah selebihnya buat anda yang berminat belajar notasi musik. Sebelumnya saya ingin “curhat” , waktu dulu saya sekolah mendapat pelajaran seni musik dan diberi tugas “menterjemahkan not angka ke not balok”. Sejujurnya bagi saya ini hal yang sulit, saya tidak mengerti not balok bahkan not angka pun tidak begitu mengerti. Singkat kata saya tidak bisa. Waktu itu saya berpikir bahwa not balok itu sulit. Saya pikir sama sulitnya dengan matematika. Berpikir seperti itu salah besar.

Saya ingin mengatakan bahwa not angka dan not balok itu mudah dimengerti. Jika anda ingin belajar not balok atau not angka, hilangkan pikiran bahwa notasi itu sulit. Pasalnya ketika anda berpikir sulit maka akan malas belajar. Jadi yang membuat sulit itu bukan not balok tapi pikiran anda. Percayalah bahwa not angka dan not balok itu mudah dimengerti.

Sebelum menterjemahkan not angka ke not balok, anda harus tahu dasar not angka dan not balok.

Bagi anda yang sama sekali tidak tahu not balok silakan buka postingan yang berjudul Mengenal Not Balok dan jika tidak tahu dasar not angka silakan buka postingan berjudul Sekitar Not Angka.

Baiklah kita lihat gambar notasi untuk dijadikan pedoman menterjemahkan not angka ke not balok tangga nada C di bawah ini.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


tangga nada c dalam notasi balok


Perhatikan notasi di atas, C = 1 = Do, D = 2 = Re, E = 3 = Mi, dan seterusnya.

Gambar di atas harus diingat karena itu pedoman untuk menterjemahkan notasi dalam nada C.

Berikutnya lihat notasi angka sebagai contoh.


gambar notasi angka lagu nada c major


Jika diterjemahkan kedalam notasi balok, hasilnya akan seperti ini.


gambar notasi balok lagu nada c major


Keterangan :

Tanda sukat 4/4 dalam notasi angka di atas menunjukkan bahwa dalam setiap bar ada 4 ketuk.

Pada bar ke-1 ada not angka 1 tanpa titik, jika diterjemahkan ke dalam not balok, anda tinggal lihat gambar Solmisasi Nada C, lalu lihat posisi angka 1 = C. Setelah itu tempatkan not angka 1 itu ke dalam paranada not balok ( bagian bawah ) seperti pada contoh di atas.

Berikutnya ada tanda titik ( . ) dan angka 2 di atasnya ada 1 garis (tanda 1 garis artinya not dibagi 2). Tanda titik itu menunjukkan nilai not dari not di belakang titik yakni not angka 1. Dengan kata lain bahwa not angka 1 itu memiliki nilai 1½ ketuk. Sementara angka 2 memiliki nilai 1/2 ketuk. Angka 2 ini ditempatkan setelah C dalam not balok. Lihat gambar Solmisasi Nada C kemudian tempatkan not angka 2 itu di paranada not balok di bawah garis pertama ( garis pertama posisinya paling bawah ) seperti pada contoh.

Perbedaan pengaruh garis, not angka yang bernilai 1 ketuk tidak pakai bendera dalam not balok sedangkan yang nilainya 1/2 ketuk diberi tanda bendera dalam not balok.

Berikutnya ada angka 3, ini adalah not E pada not balok, anda tinggal lihat posisinya pada gambar Solmisasi Nada C kemudian tempatkan angka 3 itu pada paranada not balok yakni pada garis paling bawah.

Berikutnya angka 4, ini adalah not F, anda tinggal tempatkan pada spasi ke-1, lihat gambar paranada not balok. Bagi anda yang sudah membaca dasar not balok pasti tahu posisi garis dan spasi.

Untuk bar ke-2 dan seterusnya caranya sama dengan bar ke-1, tinggal lihat not angkanya kemudian lihat posisinya pada gambar Solmisasi Nada C, setelah itu tempatkan notasi pada paranada.

Ada hal-hal yang perlu anda perhatikan diantaranya,

Tanda titik ( . ), tanda garis di atas, tanda istirahat ( 0 ), tanda titik di atas not dan tanda slur ( garis lengkung ). Itulah tanda-tanda ( simbol ) yang ada pada notasi angka di atas. Untuk mengerti tanda tanda itu anda bisa membacanya pada judul Tanda Titik Pada Not Angka dan Tanda Garis Pada Not Angka.

Sudah saya katakan bahwa untuk mengerti not balok dan not angka itu mudah. Sekali lagi jangan berpikir bahwa not balok itu sulit. Jika ada hal yang kurang mengerti, silakan bertanya di kotak komentar. Saya akan dengan senang hati menjawab pertanyaan anda.

Bagi anda yang ingin tahu yang lainnya, silakan klik judul postingan di bawah ini.

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada D

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada E

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada F

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada G

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada A


Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada C"