Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada G

Pada saat ini akan dibahas cara translate / menterjemahkan notasi angka menjadi notasi balok pada nada dasar G dengan menggunakan contoh lagu.

Bagi anda yang sama sekali belum tahu tentang notasi angka dan notasi balok silakan baca postingan yang berjudul Sekitar Not Angka dan Mengenal Not Balok. Setelah membaca kedua postingan tersebut maka akan mudah mengerti postingan ini.

Untuk menterjemahkan notasi angka ke notasi balok diperlukan tangga nada (sebagai pedoman) supaya mudah dalam menterjemahkannya. Di bawah ini tangga nada G.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


tangga nada g dalam notasi balok


Perhatikan Notasi di atas, dalam nada dasar G notasi balok harus diberi tanda kres ( # ) satu buah. Soal penggunaan tanda kres ( # ) atau mol ( b ) dibahas pada postingan yang lain.

Pada notasi balok nada dasar G dimulai dari garis ke-2. Jika anda menggunakan keyboards posisinya ada pada oktaf ke-4 nada G. Pada notasi angka ( di bawahnya ) ada yang diberi titik ada yang tidak. Jika tidak diberi titik artinya notasi normal, jika diberi tanda titik 1 buah artinya notasi itu lebih tinggi dari notasi normal. Jika notasi angka di atasnya diberi tanda titik ( . ) sebanyak 2 buah artinya notasi itu lebih tinggi 2 oktaf dari notasi normal. Namun jika titiknya berada di bawah angka artinya notasi itu lebih rendah 1 oktaf jika 1 titik dan lebih rendah 2 oktaf jika ada 2 titik.

Baiklah kita lihat notasi angka yang akan diterjemahkan ke dalam notasi balok.


gambar notasi angka lagu nada g major


Angka 100 di atas menunjukkan tempo 100 dan 4/4 menunjukkan tanda birama 4/4.

Jika kita terjemahkan ke dalam notasi balok, hasilnya akan seperti ini.


gambar notasi balok lagu nada g major


Cara menterjemahkan notasi angka ke notasi balok adalah lihat notasi angka yang akan diterjemahkan ( Notasi Nada G ) kemudian lihat posisi angka tersebut pada ( Solmisasi Nada G ) lalu letakkan notasinya pada garis paranada not balok.

Contoh :

Pada notasi angka bar ke-1 ada angka 0 0 0 1 2

Angka 0 dalam not angka artinya tanda istirahat / tanda diam sebanyak 1 ketuk jika tidak diberi garis. Dalam notasi balok 1 ketuk diberi simbol seperti di atas ( lihat gambar Notasi Nada G). Jadi tanda 0 0 0 berarti istirahat atau diam sebanyak 3 ketuk.

Berikutnya angka 1 dan 2 yang diberi garis atasnya. Garis ini menunjukkan bahwa notasi itu dibagi 2 artinya not angka 1 dan 2 masing-masing bernilai 1/2 ketuk. Dalam notasi balok jika nilainya 1/2 ketuk diberi bendera 1 buah. Boleh dibilang bahwa 1 garis = 1 bendera dan jika 2 garis artinya 2 bendera ( dalam not balok ).

Angka 1 itu berada pada garis ke-2 dalam garis paranada ( lihat Solmisasi Nada G ), jadi tinggal letakkan angka 1 itu pada notasi balok pada garis ke-2 kemudian diberi tanda bendera 1 buah.

Angka 2 itu berada pada spasi ke-2 dalam garis paranada ( lihat Solmisasi Nada G ), tinggal letakkan not 2 ( re ) pada spasi tersebut, jangan lupa pakai bendera karena angka 2 itu bernilai 1/2 ketuk.


Pada bar ke-2 ada angka 3 . 4 5 4 3 ( lihat gambar Notasi Nada G )

Cara menempatkan angka di atas sama dengan pada bar ke-1.

Angka 3 ( mi ) ditempatkan pada garis ke-3 dalam garis paranada.

Tanda titik ( . ) artinya nilai not bertambah 1 ketuk untuk not sebelumnya yakni not 3 ( mi ). Jadi not 3 ( mi ) ini bernilai 2 ketuk. Dalam notasi balok nilai not 2 ketuk ditulis tanpa bendera dan bulatannya tidak berwarna hitam. Dalam bahasa Inggrisnya disebut half note.

Angka 4 5 4 3 masing-masing bernilai 1/2 ketuk. Dalam notasi balok diberi sebuah bendera untuk setiap not. Kemudian pada angka 4 sampai angka 4 ada garis lengkung namanya slur / legato. Garis lengkung ini berfungsi untuk menyambungkan beberapa notasi, jika notasi tersebut dimainkan maka harus bersambung atau tidak boleh putus.

Saya tidak akan membahas bar-bar lainnya karena kedua bar di atas sudah mewakili semuanya.

Jika ada yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak.

Bagi anda yang ingin tahu terjemahan nada-nada yang lain, silakan klik judul postingan di bawah.

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada A

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada C

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada D

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada E

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada F


Semoga postingan ini bermanfaat.