Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada D

Kali ini akan dibahas cara menterjemahkan / merubah not angka ke not balok nada D. Pembahasan menggunakan contoh lagu.

Sebelum menterjemahkan not angka ke not balok, anda harus tahu teori dasar not angka dan not balok. Bagi anda yang belum tahu silakan baca postingan yang berjudul  Mengenal Not Balok dan Sekitar Not Angka. Setelah membaca kedua postingan itu maka anda akan lebih mudah mengerti bahasan ini. Sebagai pedoman untuk menterjemahkan notasi lihat gambar di bawah ini.




Perhatikan gambar di atas, not angka dari 1 sampai 7 ada yang memiliki titik bagian atasnya. Jika di atas not ada sebuah titik artinya not itu lebih tinggi 1 oktaf  daripada not yang tidak ada titiknya. Jika di atas not ada tanda titik sebanyak 2 buah, artinya not itu lebih tinggi 2 oktaf dari not yang tidak memiliki titik.

Baiklah kita lihat notasi angka di bawah ini.




Notasi di atas memiliki tempo 60 artinya 60 BPM ( 60 Beat Per Minute ) atau 60 ketuk dalam 1 menit.  Dengan kata lain 1 ketuk dalam 1 menit. Sementara itu notasi memiliki tanda sukat 4/4 artinya ada 4 ketuk dalam 1 bar.  Jika anda ingin mengerti tentang tanda sukat, silakan baca postingan tentang tanda sukat yang berada dalam kategori  Teori Musik Dasar yang berada di samping kiri halaman ini.

Perhatikan pada bar ke-1  ada angka 0 sebagai tanda istirahat dan tanda garis di atas sebagai pembagi. Jika anda ingin lebih tahu tentang garis dalam notasi angka silakan buka postingan yang berjudul  Tanda Garis Pada Not Angka.
Cara menterjemahkannya, tempatkan tanda istirahat bernilai 1 ketuk sebanyak 3 buah dan 1/2 ketuk pada paranada not balok. ( Lihat tanda istirahat di bagian notasi balok ).
Kemudian tempatkan angka 3 yang bernilai 1/2 ketuk pada spasi pertama di paranada not balok. Dalam notasi balok tanda 1/2 ketuk disimbolkan dengan satu buah bendera.

Pada bar ke-2 ada angka 5, 6, 5, 3, 1, 2 ,3 dan  garis lengkung pada not angka 5 dan 6 ( lihat ganbar notasi angka di atas ). Garis lengkung itu disebut slur atau legato. Kegunaannya untuk menyambungkan 2 buah not atau lebih. Dalam prakteknya slur dimainkan tanpa putus, maksudnya  jika ada 2 not menggunakan slur maka kedua not  itu harus terdengar  nyambung. 
Cara menterjemahkannya, tempatkan angka 5 di spasi ke-2 dengan nilai 1 ketuk. Dalam notasi balok nilai 1 ketuk tidak menggunakan bendera ( lihat gambar notasi balok di bawah ).

kemudian angka 6 dan 5 yang memiliki garis di atas artinya bahwa notasi tersebut bernilai 1/2 ketuk. Dalam notasi balok nilai 1/2 ketuk diberi simbol berupa satu bendera ( lihat gambar notasi balok di bawah ).
Untuk notasi berikutnya caranya sama.  

keterangan :

Tanda 0 artinya tanda istirahat 1 ketuk ( lihat pada notasi balok di bawah ).
Tanda 0 ada garis di atasnya artinya tanda istirahat 1/2 ketuk ( lihat pada notasi balok di bawah ).
Tanda . ( titik ) artinya mewakili 1 ketuk. Nilai not bertambah 1 ketuk.
Tanda . ( titik ) ada garis di atasnya artinya mewakili 1/2 ketuk. Nilai not bertambah 1/2 ketuk.

Perhatikan notasi balok di bawah ini yang merupakan terjemahan dari  notasi angka di atas.




Untuk mengerti  terjemahan di atas anda harus perhatikan Solmisasi Nada D. Perhatikan posisi notasi balok dan notasi angkanya.
Sebagai referensi bagi anda yang baru belajar notasi disarankan untuk membaca postingan yang berjudul  Merubah Not  Angka Ke Not Balok Nada C.

Jika anda membaca / mempraktekkan notasi di atas, maka anda akan tahu bahwa notasi di atas merupakan lagu daerah dari Bali.

Semoga postingan ini bermanfaat.



Belum ada Komentar untuk "Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada D"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel