Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada D

Kali ini akan dibahas cara menterjemahkan / merubah not angka ke not balok nada D. Pembahasan menggunakan contoh lagu.

Sebelum menterjemahkan not angka ke not balok, anda harus tahu teori dasar not angka dan not balok. Bagi anda yang belum tahu silakan baca postingan yang berjudul Mengenal Not Balok dan Sekitar Not Angka. Setelah membaca kedua postingan itu maka anda akan lebih mudah mengerti bahasan ini. Sebagai pedoman untuk menterjemahkan notasi lihat gambar di bawah ini.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


tangga nada d dalam notasi balok


Perhatikan gambar di atas, not angka dari 1 sampai 7 ada yang memiliki titik bagian atasnya. Jika di atas not ada sebuah titik artinya not itu lebih tinggi 1 oktaf daripada not yang tidak ada titiknya. Jika di atas not ada titik sebanyak 2 buah, artinya not itu lebih tinggi 2 oktaf dari not yang tidak memiliki titik.

Baiklah kita lihat notasi angka di bawah ini.


gambar notasi angka lagu nada d major


Notasi di atas memiliki tempo 70 artinya 70 BPM ( 70 Beat Per Minutes ) atau 70 ketuk dalam 1 menit. Sementara itu notasi di atas memiliki tanda sukat 4/4 artinya ada 4 ketuk dalam 1 bar. Jika anda ingin mengerti tentang tanda sukat, silakan baca postingan tentang tanda sukat yang berada dalam kategori Teori Musik Dasar yang berada di samping kiri halaman ini.

Perhatikan pada bar ke-1 ada angka 0 sebagai tanda istirahat dan tanda garis di atas sebagai pembagi. Jika anda ingin lebih tahu tentang garis dalam notasi angka silakan buka postingan yang berjudul Tanda Garis Pada Not Angka.

Cara menterjemahkannya, tempatkan tanda istirahat bernilai 1 ketuk sebanyak 3 buah dan 1/2 ketuk pada paranada not balok. ( Lihat tanda istirahat notasi balok di bagian bawah ).

Kemudian tempatkan angka 3 yang bernilai 1/2 ketuk pada spasi pertama di paranada not balok. Dalam notasi balok tanda 1/2 ketuk ( nilai not 1/8 ) disimbolkan dengan satu buah bendera.


Pada bar ke-2 ada angka 5, 6, 5, 3, 1, 2 ,3 dan garis lengkung pada not angka 5 dan 6 ( lihat ganbar notasi angka di atas ). Garis lengkung itu disebut slur atau legato. Kegunaannya untuk menyambungkan 2 buah not atau lebih. Dalam prakteknya slur dimainkan tanpa putus, maksudnya jika ada 2 not menggunakan slur maka kedua not itu harus terdengar nyambung.

Cara menterjemahkannya, tempatkan angka 5 di spasi ke-2 dengan nilai 1 ketuk. Dalam notasi balok nilai 1 ketuk tidak menggunakan bendera ( lihat gambar notasi balok di bawah ).

kemudian angka 6 dan 5 yang memiliki garis di atas artinya bahwa notasi tersebut bernilai 1/2 ketuk. Dalam notasi balok nilai 1/2 ketuk diberi simbol berupa satu bendera ( lihat gambar notasi balok di bawah ).

Untuk notasi berikutnya caranya sama.

keterangan :

Tanda 0 dalam not angka ( tanda istirahat 1 ketuk ) artinya tanda istirahat not 1/4 dalam notasi balok ( lihat pada notasi balok di bawah ).

Tanda 0 ada garis di atasnya ( tanda istirahat 1/2 ketuk ) artinya tanda istirahat not 1/8 dalam not balok ( lihat pada notasi balok di bawah ).

Tanda . ( titik ) di depan dalam not angka mewakili 1 ketuk artinya bernilai tambah 1/2 dari nilai not sebelumnya. Contoh dalam nilai not 1/4 jika ada titik maka menjadi 1/4 + 1/8 nilainya.

Tanda . ( titik ) ada garis di atasnya artinya 1 ketuk dibagi 2 atau menjadi 1/2 ketuk dalam not angka. Dalam not balok disebut not 1/8.

Perhatikan notasi balok di bawah ini yang merupakan terjemahan dari notasi angka di atas.


gambar notasi balok lagu nada d d major


Untuk mengerti terjemahan di atas anda harus perhatikan Solmisasi Nada D. Perhatikan posisi notasi balok dan notasi angkanya.

Jika anda membaca / mempraktekkan notasi di atas, maka anda akan tahu bahwa notasi di atas merupakan lagu daerah dari Bali.

Sebagai referensi bagi anda yang baru belajar notasi disarankan untuk membaca postingan yang berjudul :

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada E

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada F

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada G

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada A

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada C


Semoga postingan ini bermanfaat.