Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada E

Menterjemahkan not angka ke not balok nada dasar E atau translate not angka ke not balok nada dasar E yang akan dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar sehingga lebih mudah dimengerti.

Bagi anda yang baru belajar notasi angka silakan buka postingan berjudul Sekitar Not Angka dan bagi yang baru belajar not balok silakan buka postingan yang berjudul Mengenal Not Balok.

Kedua postingan di atas akan membantu anda lebih mengerti postingan ini.

Sebelum menterjemahkan dari not angka ke not balok maka anda harus tahu tangga nada E pada notasi balok. Di bawah ini tangga nada tersebut ( Solmisasi nada E ) disertai not angka.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


tangga nada e dalam notasi balok


Keterangan :

Notasi di atas menjadi pedoman untuk menterjemahkan notasi dalam nada dasar E.

Not angka dari 1 sampai 7 yang tidak memiliki titik bagian atasnya merupakan notasi yang normal.

Not angka dari 1 sampai 7 yang memiliki 1 titik bagian atasnya artinya lebih tinggi 1 oktaf dari notasi yang normal.

Not angka 1 yang memiliki 2 titik di atasnya artinya lebih tinggi 2 oktaf dari notasi normal.

Baiklah sekarang lihat notasi angka yang akan diterjemahkan ke dalam notasi balok.


gambar not angka lagu nada e major


Pada bagian atas notasi ada angka 100, artinya tempo 100. Pengertian tempo 100 yakni 100 BPM ( Beat Per Minute ). Dengan kata lain bahwa dalam 1 menit ada 100 ketuk. Bagi anda yang ingin tahu tempo sebaiknya membaca postingan yang berjudul Tempo Musik.

Kemudian di bawah angka 100 ada angka 3/4 artinya tanda birama ( ketukan ). Dalam tanda birama 3/4 setiap bar memiliki 3 beat ( 3 ketuk ).

Pada bar ke-1 ada 1, 1, 1 cara menterjemahkannya tinggal lihat tangga nada E di atas. Posisi notasi angka 1, 1, 1 tanpa titik di atas, menempati garis pertama pada paranada not balok. Jadi anda tinggal tempatkan not balok pada garis paling bawah untuk ketiga notasi tersebut.

Pada bar ke-2 ada angka 3, . (titik ) dan angka 1, 3 yang memiliki garis di atasnya.

Cara menterjemahkannya sama seperti pada bar ke-1. Lihat notasi nada dasar E di atas, kemudian tempatkan angka 3 di garis kedua paranada.

Tanda titik (.) setelah angka 3 mewakili 1 ketuk jadi angka 3 itu memiliki 2 ketuk, dalam notasi balok 2 ketuk disimbolkan dengan not balok yang bulatannya tidak diberi warna hitam ( lihat notasi di bawah ).

Garis di atas angka 1 dan 3 artinya bahwa angka 1 dan 3 itu memiliki nilai 1/2 ketuk. Dalam notasi balok nilai 1/2 ketuk diberi bendera ( lihat terjemahan di bawah ).

Tanda garis lengkung di bagian bawah angka 1 dan 3 adalah slur atau legato. Fungsinya untuk menggabungkan 2 notasi atau lebih. Intinya ketika beberapa notasi diberi slur maka notasi itu harus dimainkan tanpa putus.

Pada bar ke-3 ada 5, 5, 6 cara menterjemahkannya sama dengan bar ke-1 yakni melihat posisi notasi 5, 5, 6 pada notasi nada dasar E di atas kemudian tempatkan notasinya pada paranada not balok.

Pada bar ke-4 ada angka 5, . ( titik ), angka 0. Cara menterjemahkannya tempatkan not angka 5 menggunakan not bernilai 2 ketuk pada paranada not balok ( tanda titik itu mewakili 1 ketuk ) kemudian angka 0 itu merupakan tanda istirahat 1 ketuk ( lihat simbolnya di bawah ).

Pada bar ke-5 ada angka 5, 7 dan 2. Pada not angka 5 dan 7 ada titik di bagian bawah artinya bahwa notasi 5 dan 7 itu lebih rendah dari notasi yang normal. Saya tidak membuat notasi yang lebih rendah 1 oktaf. Namun anda bisa lihat dari hasil terjemahannya di bawah ini.

Untuk bar-bar berikutnya tidak akan saya bahas karena saya yakin contoh di atas sudah mewakili bar-bar berikutnya. Baiklah kita lihat terjemahan dari notasi angka tersebut di atas.


gambar not balok lagu nada e major


Mungkin uraian di atas ada yang kurang jelas. Oleh sebab itu disarankan untuk membaca 2 postingan di atas yang berjudul Sekitar Not Angka dan Mengenal Not Balok.

Bagi anda yang ingin tahu lebih banyak tentang merubah notasi, silakan klik judul di bawah ini.

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada F

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada G

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada A

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada C

Merubah Not Angka Ke Not Balok Nada D


Semoga postingan ini bermanfaat.