Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Not Angka Lagu Manari Manasai

Not angka lagu Manasai ( Manari Manasai )   dan chord lagu Manasai ( Manari Manasai )   yang diposting di sini. Selain itu ada audio / video lagu tersebut untuk mendengar melodi lagunya.

Manasai ( Manari Manasai )   adalah judul lagu daerah Kalimantan Tengah, penciptanya tidak diketahui. Lagu ini  biasanya dinyanyikan bersama tarian untuk menyambut tamu kehormatan.

Baiklah kita lihat not angka lagu tersebut.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


not angka manari manasai lagu daerah kalimantan tengah


Jika ingin mendengar melodi lagu Manasai ( Manari Manasai ), silakan putar audio/video di bawah ini.




Manasai ( Manari Manasai )   dalam notasi balok di atas  menggunakan nada dasar C. Bagi anda yang  ingin belajar not balok dengan nada dasar C, tinggal melihat posisi not balok dan  not angka di atas. Kalau kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar  atau formulir kontak.

Kalimantan Tengah, memiliki cukup banyak lagu daerah yang  terkenal, terutama terkenal di daerah tersebut di antaranya berjudul  Naluya, Tumpi Wayu,  dan  Isen Mulang.

Bagi anda yang membutuhkan partitur lagu Manasai ( Manari Manasai ), silakan tulis pada formulir kontak. Saya akan kirim melalui email secepatnya.

Semoga postingan ini bermanfaat.


Tag.

Not angka lagu Manari Manasai C = Do, not angka lagu Manari Manasai pianika, not angka lagu Manari Manasai recorder, not balok lagu Manari Manasai, chord lagu Manari Manasai, lirik lagu Manari Manasai.


Tulisan di bawah hanya sebagai tambahan, sumber tulisan : wikipedia.

Manasai adalah salah satu jenis tari pergaulan yang ada pada masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah.Tari ini merupakan tari yang melambangkan kegembiraan. Tari ini biasanya diadakan untuk menyambut tamu-tamu pemerintahan yang tiba di Kalteng. Intinya tarian “selamat datang” untuk tamu-tamu yang berkunjung ke Kalimantan.Tarian ini dilakukan oleh beberapa orang peserta, pria dan wanita yang berdiri berselang-seling dalam satu lingkaran, semua dimulai dengan menghadap kedalam lingkaran, kemudian berputar ke arah kanan sambil melakukan gerak maju bergerak berlawanan arah jarum jam kemudian menghadap ke arah luar lingkaran, berputar lagi ke arah kiri sambil melakukan gerak maju. Begitu seterusnya sambil berputar terus berlawanan arah jarum jam dengan mengikuti irama lagu pergaulan yang berjudul sama, lagu Manasai. Setiap gerakan kaki dalam tarian ini, mirip dengan gerakan dalam irama Cha-Cha. Peserta tarian ini tidak dibatasi dengan usia. Siapapun dan dalam usia berapapun boleh bergabung. Bergabung kedalam lingkaran tari dapat dilakukan kapan saja, mengikuti irama lagu. Dengan bertambahnya peserta yang ikut bergabung, maka lingkaran tari pun akan semakin membesar dan semakin banyak peserta tari. Irama musik pun bisa semakin dipercepat dan suasana gembira serta meriah akan terbentuk dan tercipta.

Tari Manasai juga biasanya dipentaskan pada acara festival budaya Isen Mulang yaitu acara tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dan dibantu oleh Dinas Pariwisata dan dinas-dinas yang terkait. Tujuannya adalah menarik minat wisatawan untuk berkunjung serta memperkenalkan dan melestarikan budaya daerah sehingga masyarakat luar juga mengetahui budaya dari daerah lain. Hal tersebut akan memperkaya Budaya Nasional Bangsa Indonesia.

Terdapat nilai niai tersirat (Belom Bahadat) yang dipresentasikan pada tarian ini diantaranya nilai pendidikan karakter seperti : religius, jujur, toleransi, kreatif, mandiri, bersahabat/komunikatif, cinta damai, cinta tanah air, gotong royong, dan tanggung jawab konsepsi ini juga diuraikan dalam falsafah "Budaya Betang" yang terdiri dari 4 pilar yaitu yang pertama orang Dayak hidup jujur dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kedua orang Dayak hidup dalam kesetaraan, ketiga orang Dayak hidup dalam kebersamaan, yang terakhir orang Dayak itu Abdi Hukum.

Posting Komentar untuk "Not Angka Lagu Manari Manasai"