Not Angka Lagu Menthok Menthok

Not angka lagu Menthok Menthok  dan chord lagu Menthok Menthok  yang diposting di sini. Selain itu ada audio/video lagu tersebut untuk mendengar melodi lagunya.

Menthok Menthok  adalah judul lagu daerah Jawa Tengah, nama penciptanya tidak diketahui.  Lagu ini menceritakan tentang Menthok  Menthok  yang berarti itik. Jika anda ingin tahu arti lagu ini, silakan buka postingan yang berjudul Arti Lagu Menthok Menthok.

Baiklah kita lihat not angka lagu tersebut

Klik gambarnya untuk memperbesar.


not angka menthok menthok lagu daerah jawa tengah


Jika ingin mendengar melodi lagu Menthok Menthok  , silakan putar audio/video di bawah ini.



Lagu Menthok Menthok  dalam notasi balok di atas  menggunakan nada dasar C. Jika ingin belajar not balok nada dasar C, silakan lihat posisi not balok dan  not angka di atas. Kalau kurang jelas, anda bisa bertanya di kotak komentar atau formulir kontak dan saya akan menjawab pertanyaan anda  secepatnya jika memungkinkan.

Jawa Tengah memiliki cukup banyak lagu daerah terkenal, terutama terkenal di daerah tersebut di antaranya berjudul  Padhang Wulan, Prau Layar,  dan  Turi Turi Putih.

Jika anda menginginkan partitur lagu Menthok Menthok  , silakan tulis pada formulir kontak. Saya akan kirim melalui email secepatnya. 

Semoga postingan ini bermanfaat.


Tag.

Not angka lagu Menthok Menthok C = Do, not angka lagu Menthok Menthok pianika, not angka lagu Menthok Menthok recorder, not lagu Menthok Menthok, not balok lagu Menthok Menthok, notasi lagu Menthok Menthok, chord lagu Menthok Menthok, lirik lagu Menthok Menthok.


Tulisan di bawah ini diambil dari sebuah media online, tidak selengkap sumbernya. Ini hanya untuk menyiasati url yang tidak terindeks.

Biasanya lagu ini digunakan untuk mengiringi permainan tradisional anak-anak di desa. Ada pula yang mengaransemen ulang lagu ini untuk mengiringi tarian Jawa, baik klasik ataupun modern. Menthog sendiri bisa diartikan sebagai entog atau hewan yang masih satu ras dengan bebek. Dibalik asal lagu tersebut, ternyata lagu menthog menthog ini mengandung filosofi yang sangat dalam, yaitu mengajarkan masyarakat untuk membentuk sebuah karakter kuat agar saat dewasa kelak dapat bekerja keras mencari nafkah.

Dari lirik diatas terdapat barisan kata “Enak enak ngorok, ora nyambut gawe” yang artinya enak-enak tidur, tidak bekerja atau bisa disebut sebagai pemalas. Ya memang, orang yang berumur produktif, sehat jiwa dan raga, sehari-harinya hanya berdiam di rumah bahkan tak mau mencari kerja sangatlah wajar jika dikatakan sebagai pemalas. Padahal jika disadari, sifat malas sebenarnya hanya sebuah ego yang akan menarik kita dalam kesusahan & kemiskinan.

Filosofi hebat dibalik lagu menthog-menthog ada baiknya kita tanamkan di dalam kehidupan. Buang kemalasan, kencangkan ikat pinggang untuk berjuang dan rasakan kesuksesan suau hari nanti. Jika ada yang tanya, bukankah kemalasan itu wajar sebagai akibat kejenuhan? Betul, orang jenuh pasti bawaannya malas dan ini tidak dilarang. Tapi, semua ada waktunya dan jangan berlama-lama terbawa arus kemalasan agar tidak merugikan Anda sendiri.

Makna dari lagu tersebut adalah menggambarkan binatang menthok yang mempunyai sifat pemalas, seperti yang digambarkan pada lirik lagu “Bokya aja ndheprok, ana kandhang wae (Jangan hanya diam dan duduk, di kandang saja). Enak-enak ngorok, ora nyambut gawe (Enak-enak mendengkur, tidak bekerja)”. Namun dibalik sikapnya yang pemalas, menthok masih punya kemampuan untuk membuat orang lain tertawa. Nilai pendidikan karakter yang terdapat pada lirik lagu tersebut adalah mengajarkan kepada anak-anak untuk tidak malas dan bekerja keras dalam melakukan berbagai macam aktifitas. Selain itu, terdapat nilai pendidikan yaitu percaya diri. Percaya diri bahwa setiap orang itu memiliki kelebihan dan kekurangan pada dirinya. Jadi, setiap orang itu harus bangga dan tidak boleh menganggap dirinya rendah jika dibandingkan dengan orang lain.

Belum ada Komentar untuk "Not Angka Lagu Menthok Menthok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel