Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chord Lagu Taxman – The Beatles

Chord Lagu Taxman – The Beatles yang di-upload kali ini. Sebelum itu saya akan membahas sedikit tentang lagu ini.

"Taxman" adalah sebuah lagu dari band rock Inggris The Beatles. Lagu ini tercantum dalam album mereka yang bertajuk Revolver, dirilis pada tahun 1966. Lagu ini ditulis oleh gitaris utama grup yakni George Harrison, dengan beberapa bantuan lirik dari John Lennon.

Lagu Taxman menceritakan tentang protes tingkat pajak progresif yang lebih tinggi yang dikenakan di Inggris oleh pemerintah Partai Buruh Harold Wilson. Ini membuat The Beatles membayar lebih dari 90 persen pendapatan mereka ke Departemen Keuangan. Lagu tersebut menggambarkan petugas pajak tanpa henti dalam mengejar pendapatan. Bertepatan dengan pembuatan lagu, Harrison mengetahui bahwa kewajiban pajak anggota band kemungkinan akan menyebabkan kebangkrutan mereka, dan dia secara blak-blakan menentang pemerintah menggunakan pendapatan mereka untuk membantu mendanai pembuatan senjata militer.

Lagu tersebut dipilih sebagai lagu pembuka album dan berkontribusi pada kemunculan Harrison sebagai penulis lagu di samping kemitraan John Lennon – Paul McCartney yang dominan. Itu adalah lagu topikal pertama grup yang mengacu pada pernyataan politik. "Taxman" berpengaruh dalam perkembangan musik psychedelia Inggris dan gaya pop mod, dan telah diakui sebagai pendahulu punk rock.

The Beatles mulai merekam "Taxman" pada 20 April, tetapi hasilnya tidak digunakan. Sepuluh pengambilan baru direkam pada 21 April, empat lagu diisi dengan drum Ringo Starr dan bass McCartney dan gitar ritme Harrison yang terdistorsi, diikuti oleh overdub gitar utama McCartney, vokal utama Harrison, dan vokal latar Lennon dan McCartney.

Label Parlophone EMI merilis Revolver pada 5 Agustus 1966, dengan "Taxman" diurutkan sebagai lagu pembuka, sebelum "Eleanor Rigby". Menurut penulis biografi Beatles, Nicholas Schaffner, memiliki tiga komposisi yang belum pernah ada sebelumnya di album Beatles - "Taxman", "Love You To" yang sepenuhnya bergaya India, dan "I Want to Tell You" - menjadikan Harrison sebagai penulis lagu "produktif" ketiga dalam band.

Versi Cover, "Taxman" dicover oleh band garasi-psikedelik tahun 1960-an Music Machine dalam versi yang oleh kritikus musik Richie Unterberger digambarkan sebagai " (menempel ) cukup dekat dengan aransemen aslinya", sementara rekaman oleh Junior Parker sepenuhnya mengeksplorasi lagu itu. Masih ada beberapa cover tetapi tidak dicantumkan di sini.

Baiklah kita lihat chord lagu Taxman.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


chord taxman the beatles


Supaya tahu susunan lagunya, silakan putar audio di bawah ini.



Nada dasar di atas sama dengan nada dasar aslinya.

Semoga bermanfaat.