Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chord Lagu The Long and Winding Road – The Beatles

Chord Lagu The Long and Winding Road – The Beatles yang di-upload kali ini. Sebelum itu saya akan membahas sedikit tentang lagu ini.

"The Long and Winding Road" adalah sebuah lagu dari band rock Inggris The Beatles. Lagu ini termasuk dalam album “Let It Be” ( album terakhir mereka) yang dirilis pada tahun 1970. Lagu ini ditulis oleh Paul McCartney dan dikreditkan kepada kemitraan John Lennon – Paul McCartney. Rekaman utama lagu tersebut dilakukan pada Januari 1969 dan menampilkan aransemen musik yang jarang. Ketika dikeluarkan sebagai single pada Mei 1970, sebulan setelah pembubaran The Beatles, lagu tersebut menjadi hit, menempati peringkat ke-1 grup yang ke-20 dan terakhir di tangga lagu Billboard Hot 100 di Amerika Serikat.

Single ini memiliki pencapaian yang relatif singkat di Billboard Hot 100 dan penjualan kontemporernya di Amerika Serikat tidak cukup untuk akreditasi emas oleh Recording Industry Association of America (RIAA). Pada bulan Februari 1999, "The Long and Winding Road" disertifikasi platinum oleh RIAA untuk penjualan 1.000.000.

Paul McCartney mengatakan dia datang dengan judul " The Long and Winding Road " selama salah satu kunjungan pertamanya ke propertinya High Park Farm, dekat Campbeltown di Skotlandia, yang dia beli pada Juni 1966. Ungkapan ini terinspirasi oleh pemandangan jalan "membentang ke atas bukit" di dataran tinggi terpencil di sekitar danau dan pegunungan yang jauh. Dia menulis lagu di pertaniannya pada tahun 1968, terinspirasi oleh ketegangan yang meningkat di antara personil The Beatles. Paul McCartney mengenang: "Saya baru saja duduk di depan piano saya di Skotlandia, mulai bermain dan membuat lagu itu, membayangkan itu akan dilakukan oleh seseorang seperti Ray Charles. Saya selalu menemukan inspirasi dalam keindahan Skotlandia yang tenang dan sekali lagi itu membuktikan tempat saya menemukan inspirasi."

"The Long and Winding Road" adalah salah satu dari beberapa komposisi McCartney dari era Beatles yang menjadi banyak diliput oleh artis easy listening dan meyakinkan orang dewasa bahwa selera musik generasi muda memiliki kelebihan. Seperti yang awalnya dibayangkan McCartney, Ray Charles merekam versi sampul pada tahun 1971, dirilis di Volcanic Action of My Soul, vokal yang kemudian di-overdub dengan Count Basie Orchestra, dan dirilis pada album 2006 Ray Sings, Basie Swings . Di Amerika Serikat, sebuah rekaman oleh Billy Ocean memuncak di nomor 24 di tangga lagu Kontemporer Dewasa Billboard. Aretha Franklin merilis rekaman lagu di album 1972-nya Young, Gifted and Black, sebuah versi yang oleh penulis Rolling Stone Rob Sheffield disebut "yang terbesar dari semua sampul Beatle". Cilla Black merilis sebuah versi pada albumnya yang diproduksi oleh Martin tahun 1973, Day by Day with Cilla, sebuah rekaman yang digambarkan McCartney sebagai versi definitif dari lagu tersebut. ( Masih banyak yang cover lagu ini ).

Baiklah kita lihat chord lagu The Long and Winding Road.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


chord the long and winding road the beatles


Supaya tahu susunan lagunya, silakan putar audio di bawah ini.



Nada dasar di atas sama dengan nada dasar aslinya.

Semoga bermanfaat.