Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chord Lagu Across the Universe – The Beatles

Chord Lagu Across the Universe – The Beatles yang di-upload kali ini. Sebelum itu saya akan membahas sedikit tentang lagu ini.

"Across the Universe" adalah lagu dari band rock Inggris The Beatles. Lagu ini ditulis oleh John Lennon dan dikreditkan kepada John Lennon – Paul McCartney. Lagu ini pertama kali muncul di album kompilasi amal berbagai artis tahun 1969 No One's Gonna Change Our World.

Lagu "Across the Universe" masuk dalam album Let It Be tahun 1970 ( album terakhir grup yang dirilis ). Versi asli ditampilkan di dua album berbeda berjudul Rarities, rilisan Inggris tahun 1978 dan rilisan Amerika Serikat tahun 1980. Lagu itu juga disertakan pada album 1988 mereka, Past Masters, Volume Two. Lagu tersebut telah di-cover oleh banyak artis, termasuk David Bowie di albumnya tahun 1975, Young American, yang menampilkan kontribusi dari Lennon.

Versi Dana Margasatwa Dunia

Selama sesi rekaman Februari 1968, Spike Milligan mampir ke studio dan saat mendengar lagu tersebut, menyarankan idealnya untuk dirilis pada album amal yang dia selenggarakan untuk World Wildlife Fund. Pada titik tertentu pada tahun 1968, The Beatles menyetujui proposal ini. Pada bulan Januari 1969, campuran mono terbaik di-remix untuk album amal. Sesuai dengan tema "satwa liar" dari album, efek suara burung ditambahkan ke awal dan akhir. Campuran (mono) asli dari Februari 1968 panjangnya 3:37. Setelah efek ditambahkan, trek dipercepat sehingga bahkan dengan 20 detik efek, hanya 3:49. Mempercepat perekaman juga meningkatkan kunci ke E-flat. Pada Oktober 1969, diputuskan bahwa lagu tersebut perlu di-remix menjadi stereo. Hal ini dilakukan oleh Geoff Emerick segera sebelum banding album. "Across the Universe" pertama kali dirilis dalam versi ini di album Regal Starline SRS 5013 No One's Gonna Change Our World pada Desember 1969.

Versi ini diterbitkan, dalam bentuk stereonya, pada empat album kompilasi Beatles: Rarities versi Inggris, Rarities versi Amerika yang berbeda, The Beatles Ballads, dan disk kedua dari album Past Masters dua CD, yang dirilis pada tahun 1988. Campuran mono Januari 1969, yang telah dipertimbangkan untuk EP Yellow Submarine yang dibatalkan, akhirnya dirilis di Mono Masters, bagian dari The Beatles in Mono box set, pada tahun 2009.

The Beatles mengambil lagu itu lagi selama sesi latihan Get Back / Let It Be Januari 1969,cuplikan John Lennon memainkan lagu itu muncul pada film Let It Be. Meskipun lagu tersebut dilatih secara ekstensif di panggung suara Twickenham Studios, satu-satunya rekaman adalah transkripsi mono untuk digunakan dalam soundtrack film. Tidak ada rekaman multitrack yang dibuat setelah grup pindah ke Apple Studios.

Master Februari 1968 di-remix lagi untuk dimasukkan dalam Let It Be... Naked pada tahun 2003, dengan kecepatan yang tepat tetapi sebagian besar instrumentasinya dihilangkan dan diproses secara digital untuk memperbaiki masalah penyetelan.

Pada tahun 2018, take 6 dari lagu tersebut dirilis pada edisi peringatan 50 tahun The Beatles (juga dikenal sebagai "Album Putih"). Versi ini sedikit lebih jarang daripada versi Let It Be... Naked dan berlangsung 15 detik lebih lama.

Baiklah kita lihat chord lagu Across the Universe.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


chord across the universe hal 1 the beatles


chord across the universe hal 2 the beatles


Supaya tahu susunan lagunya, silakan putar audio di bawah ini.



Nada dasar di atas tidak sama dengan nada dasar aslinya, nada dasar aslinya C#.

Semoga bermanfaat.