Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simbol Aksidental Kromatis

Simbol aksidental atau tanda kromatis yang dibahas kali ini. Pembahasan dilengkapi dengan gambar dan audio / video sehingga lebih mudah dimengerti.

Aksidental adalah tanda yang digunakan dalam notasi musik untuk menunjukkan perubahan atau pergantian kromatis. Sementara kromatis adalah naik atau turun setengah nada.

Sebetulnya aksidental ini memiliki simbol / tanda cukup banyak, tetapi dalam postingan ini akan dibahas yang sering dipakai yakni kres, mol, kres ganda, mol ganda, dan natural ( pugar ).

Lebih jelasnya lihat gambar notasi di bawah ini.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar aksidental kromatis not balok


Keterangan :

Pada bar ke-1, ada not C sebanyak 4 buah dengan nilai not 1/4 ( 1 ketuk ).

Pada bar ke-2, ada not C sebanyak 4 buah dengan diberi tanda kres ( # ) pada not pertama. Artinya not C itu naik ½ nada menjadi C#. Perlu diketahui bahwa tanda kromatik itu atau tanda kres itu hanya berlaku untuk 1 bar. Jadi bar ke-2 ini semuanya C#.

Pada bar ke-3, ada not C sebanyak 4 buah tanpa tanda, artinya semua not C. Bar ke-3 ini tidak terpengaruh oleh bar ke-2 yang ada tanda kres, alasannya bahwa aksidental hanya berlaku untuk 1 bar.

Pada bar ke-4, semua notasi adalah not C karena tidak ada tanda apapun.

Pada bar ke-5, ada tanda mol ( b ) di depan not C artinya bahwa not tersebut diturunkan 1/2 nada. Awalnya not itu adalah C kemudian menjadi not B. Jadi semuanya adalah not B karena tidak ada tanda natural ( tanda pugar ).

Pada bar ke-6, semua not adalah not C karena tidak ada aksidental.

Pada bar ke-7, not ke-2 ada tanda kres artinya not tersebut naik 1/2 nada. Ada 2 not pada bar itu yang naik ½ nada kemudian pada not ke-4 ada tanda pugar ( natural ), artinya bahwa not itu kembali ke not awal yakni not C. Dengan kata lain bahwa pada bar ke-7 awalnya not C kemudian not C# dan C# kemudian not C lagi.

Pada bar ke-8 semuanya adalah not C karena tidak ada aksidental.

Pada bar ke-9, not ke-1 ada tanda mol artinya not itu turun setengah nada dari C menjadi B. Not berikutnya adalah not B kemudian ada tanda pugar ( natural ) pada not ke-3 artinya not ke-3 adalah not C dan not berikutnya not C juga.

Pada bar ke-10, not ke-3 ada tanda kres ganda ( x ) artinya pada not itu dinaikkan ½ sebanyak 2 kali. Not awal adalah C setelah diberi kres ganda menjadi D.

Pada bar ke-11, not awal adalah C dan C sedangkan not ke-3 diberi tanda mol ganda ( bb) artinya not itu diturunkan sebanyak 2 kali menjadi Bb. Dengan sendirinya not ke-4 menjadi Bb juga karena tidak ada aksidental yang lain.

Pada bar ke-12, not awal diberi tanda kres ganda (x ) artinya not itu dinaikkan ½ sebanyak 2 kali menjadi D. Kemudian pada not ke-3 diberi tanda pugar ( natural ) artinya kembali menjadi not C begitu juga not di depannya menjadi C.

Keterangan :

Tanda kres ( # ) adalah naik ½ nada.

Tanda kres ganda ( x ) adalah naik ½ nada sebanyak 2 kali.

Tanda mol ( b ) adalah turun ½ nada

Tanda mol ( bb )ganda adalah turun ½ nada sebanyak 2 kali.

Tanda pugar ( natural ) artinya membatalkan aksidental atau mengembalikan ke not awal.

Supaya makin mengerti, silakan putar video di bawah ini.



Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Simbol Aksidental Kromatis"