Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seconda Volta Musik

Seconda volta yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar dan audio / video, sehingga akan lebih mudah dipahami.

Seconda volta adalah istilah musik yang berasal dari bahasa Itali. Seconda artinya kedua dan volta artinya waktu. Sebelum seconda volta harus ada prima volta. Keduanya berupa garis, baik dalam partitur not angka maupun not balok. Dalam garis itu disertakan angka, untuk seconda volta diberi angka 2 dan prima volta diberi angka 1.

Fungsi seconda volta untuk membedakan verse ke-1 dan verse ke-2 yang berbeda notasi bagian belakangnya. Dengan kata lain verse ke-1 adalah prima volta dan verse ke-2 adalah seconda volta. Ini merupakan hal yang paling lazim dalam notasi lagu. Masih ada satu lagi yang berhubungan dengan itu yakni terza volta ( terza = ketiga ; volta = waktu ). Namun terza volta sangat jarang dipakai.

Baiklah agar lebih jelas, lihat gambar notasi di bawah ini.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar seconda volta not balok


Perhatikan pada bar ke-1 ada titik dua ( : ) dan garis bar tebal artinya tanda pengulangan awal. Sementara pada bar ke-4 ada titik dua ( : ) sebagai tanda akhir pengulangan.

Apabila notasi di atas dimainkan maka yang pertama dimainkan adalah bar ke-1 sampai bar ke-4, kemudian kembali ke awal bar ke-1 sampai bar ke-3, setelah itu dimainkan bar ke-5 tempat seconda volta dan dilanjutkan ke bar ke-6, selesai.

Silakan putar video / audio di bawah ini agar lebih mantap.



Jika ada yang kurang jelas, silakan bertanya di formulir kontak.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Seconda Volta Musik"