Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prima Volta Musik

Prima volta yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar dan audio / video. Sehingga lebih mudah dimengerti.

Prima volta adalah istilah musik yang berasal dari bahasa Itali. Prima artinya pertama dan volta artinya waktu. Biasanya prima volta ini berupa garis dalam sebuah partitur, baik partitur not angka maupun not balok. Dalam garis itu disertakan angka 1, itulah prima volta.

Fungsi prima volta untuk membedakan verse ke-1 dan verse ke-2 yang berbeda notasi bagian belakangnya. Oleh sebab itu prima volta akan didampingi oleh seconda volta. Dengan kata lain verse ke-1 adalah prima volta dan verse ke-2 adalah seconda volta. Ini hal yang paling umum dalam notasi lagu. Masih ada satu lagi yaitu terza volta ( terza = ketiga ; volta = waktu ). Namun terza volta sangat jarang dipakai. Karenanya terza volta tidak dibahas.

Baiklah agar lebih mudah dimengerti, lihat gambar notasi di bawah ini.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar prima volta not balok


Perhatikan pada bar ke-1 ada titik dua ( : ) dan garis tebal artinya tanda pengulangan awal. Kemudian pada bar ke-4 ada titik dua ( : ) sebagai tanda akhir pengulangan. Prima volta diletakkan pada bar pengulangan.

Berikutnya lihat bar ke-5 di situ ditempatkan seconda volta. Seperti yang sudah tercantum di atas bahwa prima volta akan berpasangan dengan seconda volta.

Jika notasi di atas dipraktekkan, mainkan bar ke-1 sampai bar ke-4. Setelah itu mainkan bar ke-1 sampai ke-3 kemudian mainkan bar ke-5 dan ke-6. Supaya lebih jelas, silakan putar video / audio di bawah ini.



Jika ada yang kurang jelas, silakan bertanya di formulir kontak.

Semoga postingan ini bermanfaat.