Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Album Studio The Beatles Lengkap Part 1

Album Studio The Beatles yang dibahas kali ini. Album studio The Beatles cukup banyak karena ada yang direkam Britania Raya ( United Kingdom ) dan ada juga yang direkam dan dipasarkan di Amerika Serikat.

Sebelum itu saya akan cerita sedikit tentang The Beatles. Group musik ini berasal dari Inggris dengan aliran musik cenderung rock, kalau tidak dikatakan rock. The Beatles dibentuk di sebuah kota terkenal di Inggris yakni Liverpool pada tahun 1960.

Kelompok musik ini boleh dibilang paling sukses pada jamannya. Mereka banyak mendapat pujian dan penghargaan dari lembaga yang berhubungan dengan musik. Mungkin The Beatles menjadi grup band yang paling terkenal ( legendaris ) serta paling laris dalam penjualan karyanya. Di Indonesia ada yang dianggap sebagai “The Beatles Indonesia” yakni Band Koes Plus.

Pada tahun 1962 kelompok musik ini beranggotakan 4 orang yaitu John Lennon sebagai vokalis, gitar ritem, perkusi. Kemudian Paul McCarney dikenal sebagai pemain gitar bas yang juga sebagai vokalis dan perkusi. Setelah itu ada George Harrison sebagai pemain gitar melodi, vokalis dan juga perkusi. Terakhir adalah Ringo Starr sebagai drummer, vokalis dan perkusi. Sebelum tahun 1962 sebetulnya ada cerita lain yakni pergantian personil sebelum The Beatles berjaya. Tepatnya pada tahun 1960 mereka beranggotakan John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, Stuart Sutcliffe (bas) dan Pete Best (drum). Mereka hanya main di klub klub selama kurang lebih 3 tahun. Tahun 1961 Stuart Sutcliffe keluar dari kelompoknya dan setahun kemudian Pete Best keluar juga. Lalu masuk Ringo Starr.

Berikutnya The Beatles dijadikan profesional oleh seorang pengusaha toko musik bernama Brian Epstein setelah ia jadi manajer mereka. Sementara musik dipoles oleh produser George Martin. Pada akhir 1962, Beatles sudah mendapatkan kesuksesan di Britania Raya dengan single pertama Love Me Do. Selanjutnya nama The Beatles semakin melambung karena lagu-lagu mereka banyak yang hit. Karya mereka adalah single, album studio, album kompilasi dan bahkan anggotanya membuat solo. Namun tidak ada pesta yang tidak berakhir. Pada tahun 1970 The Beatles bubar dengan album studio terakhir berjudul Let It Be ( Biarkanlah ).

Baiklah kita lihat lagu-lagu mereka yang ada dalam album studio mereka.

1. Please Please Me ( album pertama )

Please Please Me adalah judul album studio ke-1 dari The Beatles, label Parlophone, diterbitkan pada tanggal 22 Maret 1963 di United Kingdom ( UK ) atau dikenal dengan nama Britania Raya. Album ini berisi lagu-lagu yang diciptakan oleh anggota The Beatles dan komposer lain. Nama di bawah yang diberi kurung adalah nama komposer / pencipta lagu bukan anggota The Beatles. Nama yang tidak diberi kurung adalah vokalis dari lagu itu.

Bagian 1 ( side 1 )

I Saw Her Standing There – McCartney

Misery – Lennon dan McCartney

Anna (Arthur Alexander) – Lennon

Chains (Gerry Goffin, Carole King) – Harrison

Boys (Luther Dixon, Wes Farrell) – Starr

Ask Me Why – Lennon

Please Please Me – Lennon dan McCartney


Bagian 2 ( side 2 )

Love Me Do – McCartney dan Lennon

P.S. I Love You – McCartney

Baby It's You (Mack David, Barney Williams, Burt Bacharach) – Lennon

Do You Want to Know a Secret – Harrison

A Taste of Honey (Bobby Scott, Ric Marlow) – McCartney

There's a Place – Lennon dan McCartney

Twist and Shout (Phil Medley, Bert Russell) – Lennon.


With The Beatles ( album kedua )

With The Beatles adalah judul album studio ke-2 dari The Beatles, label label Parlophone diterbitkan pada tanggal 22 November 1963 di United Kingdom ( UK ). Juga diterbitkan oleh label Capitol untuk Kanada dan label Odeon Prancis. Lagu-lagu yang ada dalam album ini diciptakan oleh anggota The Beatles dan komposer lain, sama dengan pada album perdana mereka. Nama di pinggir judul lagu yang pakai kurung adalah nama komposer. Nama yang tidak pakai kurung adalah vokalis lagu itu.

Bagian 1 ( side 1 )

It Won't Be Long – Lennon

All I've Got to Do – Lennon

All My Loving – McCartney

Don't Bother Me – Harrison

Little Child – Lennon dan McCartney

Till There Was You (Meredith Willson) – McCartney

Please Mr. Postman (Georgia Dobbins, William Garrett, Freddie Gorman, Brian Holland, Robert Bateman) – Lennon.


Bagian 2 ( side 2 )

Roll Over Beethoven (Chuck Berry) – Harrison

Hold Me Tight – McCartney

You Really Got a Hold on Me (Smokey Robinson) – Lennon and Harrison

I Wanna Be Your Man – Starr

Devil in Her Heart (Richard Drapkin) – Harrison

Not a Second Time – Lennon

Money (That's What I Want) (Janie Bradford, Berry Gordy) – Lennon.


A Hard Day’s Night ( album ketiga )

A Hard Day’s Night adalah judul album studio ke-3 dari The Beatles, label Parlophone, diterbitkan pada tanggal 10 Juli 1964 di UK, dan label United Artists di Amerika Serikat, diterbitkan pada tanggal 26 Juni 1964. Sebagian dari album ini adalah soundtrack dari film mereka.

Bagian 1 ( side 1 )

A Hard Day's Night – Lennon with McCartney

I Should Have Known Better – Lennon

If I Fell – Lennon dan McCartney

I'm Happy Just to Dance with You – Harrison

And I Love Her – McCartney

Tell Me Why – Lennon

Can't Buy Me Love – McCartney


Bagian 2 ( side 2 )

Any Time at All – Lennon

I'll Cry Instead – Lennon

Things We Said Today – McCartney

When I Get Home – Lennon

You Can't Do That – Lennon

I'll Be Back – Lennon


Bersambung ke Album Studio The Beatles Part 2.

Posting Komentar untuk "Album Studio The Beatles Lengkap Part 1"