Arti Lagu Meong Meong

Arti lagu Meong Meong  ( makna lagu Meong Meong  ) atau terjemahan lagu Meong Meong  yang akan dibahas pada postingan ini.

Lagu Meong Meong menceritakan tentang kucing dan tikus. Lagu ini biasanya dinyanyikan dengan sebuah permainan.

Silakan lihat lirik lagu Meong Meong dan terjemahannya. Jika ada salah pengetikan kata atau pemenggalan kata mohon dimaklumi.


Judul : Meong Meong 

Pencipta : Anonim

Lagu Daerah : Bali



Meong Meong


Meong-meong alih je bikule

Bikul gede-gede

Buin mokoh-mokoh

Kereng pesen ngerusuhin


Kucing-kucing carilah tikusnya

Tikus besar-besar

Juga gemuk-gemuk

yang selalu membuat kerusuhan


Lagu Meong Meong merupakan lagu lama yang menceritakan kisah nyata. Dahulu kucing suka tikus ( kucing makan tikus ). Sekarang kucing tidak menyukai tikus ( di Jakarta ) mungkin di daerah lain kucing masih suka makan tikus. Saya pernah melihat kucing berjalan searah dan hampir sejajar dengan tikus di sebuah gang  di Jakarta. Ini sebuah pemandangan yang tidak aneh di Jakarta.   Menurut penduduk setempat kucing tidak berani mengahadapi tikus sebab tikus di Jakarta besar-besar. Namun dalam lagu ini kucing suka pada tikus yang besar-besar dan gemuk-gemuk.

Menurut sebuah artikel yang pernah saya baca bahwa lagu ini memiliki arti lain. Di sini kucing melambangkan kebaikan dan tikus melambangkan kejelekan. Mungkin  tidak berlebihan pengertian seperti itu. Pasalnya tikus dianggap sebagai binatang perusak nomor 1 di rumah. Dahulu biasanya orang menggunakan kucing untuk menangkap tikus ( selain perangkap tikus ).

Tikus boleh dibilang lambang dari keburukan, contohnya ada istilah tikus-tikus kantor. Dalam lagu ini diartikan sebagai orang yang berperilaku jelek. Sementara kucing diartikan sebagai orang yang berperilaku baik.  Jadi arti lagu ini adalah tentang kebaikan dan keburukan.

Jika anda ingin mendengar melodi lagu Meong Meong ( Meyong Meyong ) dan melihat not angka lagu tersebut, silakan buka postingan yang berjudul Not Angka Lagu Meyong Meyong.

Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Arti Lagu Meong Meong "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel