Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Lagu Mejangeran

Arti lagu Mejangeran atau Jangi Janger ( makna lagu Mejangeran atau Jangi Janger) atau terjemahan lagu Mejangeran atau Jangi Janger yang akan dibahas pada postingan ini.

Lagu daerah umumnya mengandung seni yang tinggi dan seringkali sulit diterjemahkan secara harfiah atau kata demi kata. Bahkan banyak lagu daerah yang memiliki kata / istilah jaman “baheula” yang sekarang tidak lagi digunakan. Begitu juga dengan lagu daerah Bali banyak yang sulit diartikan. Jika dalam lagu di bawah ini tidak ada terjemahannya artinya memang sulit diterjemahkan.

Silakan lihat lirik lagu Mejangeran atau Jangi Janger dan terjemahannya.


Judul : Mejangeran atau Jangi Janger

Pencipta : Anonim

Lagu Daerah : Bali



Mejangeran ( Jangi Janger )


Jangi Janger

Sengsenge sengseng janger

Serere nyoman ngeyorin

(Rupa nyoman sungguh menawan)

Kelap-kelap ngalap bunga

(Elok-elok saat memetik bunga)

Langsing lanjar pamulune nyandat gading

(Tinggi langsing kulitnya menguning seperti bunga sandat)

Jalan Jani mejangeran

(Ayo kita sama-sama menari)

Sariang ngentu rota roti

Arasijang krangi janger


Arti lagu ini adalah ajakan untuk menari yang diistilahkan dengan mejangeran ( janger ). Konon lagu ini untuk bersantai untuk melepas kejenuhan sehingga setelah menari badan menjadi bugar.

Selain itu dengan menari maka segala hal yang tidak enak atau kesedihan bisa hilang. Boleh dibilang lagu ini bisa dijadikan sebagai pelipur lara.

Jika anda ingin mendengar melodi lagu Mejangeran dan melihat not angka lagu tersebut, silakan buka postingan yang berjudul Not Angka Lagu Mejangeran.

Semoga anda menyukai lagu ini.