Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Lagu Es Lilin

Arti Lagu Es Lilin ( Makna Lagu Es Lilin ) atau terjemahan lagu Es Lilin yang dibahas pada halaman ini. Namun sebelumnya saya akan bahas sedikit terkait lagu ini.

Lagu Es Lilin termasuk lagu daerah yang terkenal di Jawa Barat, bahkan di tingkat nasional pun lagu ini cukup dikenal. Lirik lagu Es lilin berbeda-beda. Mungkin lirik yang di sini berbeda dengan yang anda tahu.

Lagu Es Lilin seperti lirik pantun, dimana memiliki bunyi yang sama pada akhir kalimat. Secara pribadi saya ingin mengganti kata Cipaganti menjadi Sukajadi agar bunyi akhirnya menjadi “di” sama dengan kata “ngajadi” (lihat lirik di bawah).

Aslinya lirik awal lagu Es Lilin yang sering dinyanyikan tidak seperti di bawah ini. Lirik awalnya begini : “Es Lilin mah ceuceu didorong-dorong” Namun tidak apa-apa jika seperti di bawah ini karena jenis lagu seperti ini ( seperti pantun ) bisa berubah-ubah liriknya.


Judul lagu : Es Lilin

Pencipta : Anonim

Lagu Daerah : Jawa Barat



Es Lilin


Es lilin mah ceuceu buatan Bandung

Dicandak mah geuningan ka Cipaganti

Abdi isin jungjunan duh bararingung

Sok inggis mah aduh henteu ngajadi


Es lilin (ceuceu = sebutan untuk wanita dewasa ) buatan Bandung

Diambil ternyata ke (Cipaganti = nama daerah di Bandung )

Aku malu kekasih aduh serba bingung

Takut tidak jadi ( takut tidak berjodoh).


Es lilin mah ceuceu dikalapaan

Raosna mah geuningan kabina-bina

Abdi alim dunungan paduduaan

Sok sieun dibantun kamana-mana


Es lilin (ceuceu = sebutan untuk wanita dewasa) pakai kelapa

Enaknya ternyata enak sekali

Aku tidak mau (dunungan=majikan, istilah sunda untuk menghormati orang lain) berduaan.

Takut dibawa kemana-mana.


Lagu Es Lilin menceritakan tentang jajanan Bandung yang disebut es lilin. Dahulu es lilin boleh dibilang disukai oleh anak-anak maupun yang bukan anak-anak. Dalam lagu ini ditonjolkan tentang es lilin dari bandung yang enak sekali. Walau begitu lagu ini tetap romantis karena lagu ini menceritakan tentang cinta.

Jika anda ingin mendengar melodi lagu Es Lilin dan melihat not angka lagu tersebut, silakan buka postingan yang berjudul Not Angka Lagu Es Lilin.

Semoga postingan ini bermanfaat.