Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chord Dasar / Akor Dasar

Chord dasar atau akor dasar merupakan akor yang umumnya dipelajari saat pertama kali belajar chord. Dengan kata lain chord dasar ini diperuntukkan bagi yang baru belajar musik / belajar chord.

Chord / akor dasar saat belajar musik dimulai dari akor C, bukan mulai dari A. Susunan nada untuk C atau C major adalah C – Dm – Em – F – G – Am – Bdim – C. Jadi ada 7 nada namun nada Bdim sangat jarang digunakan dalam lagu pop dan jenis musik lainnya. Kecuali dalam musik jazz Bdim ini suka digunakan dan bentuknya menjadi Bdim7.

Jadi jika anda ingin belajar gitar atau keyboards pelajarilah chord di atas ( 6 chords ). Walaupun hanya 6 chords tapi bisa untuk memainkan jutaan lagu. Banyak lagu yang menggunakan 3 atau 4 chords, bahkan ada lagu yang hanya menggunakan 2 chords.

Baiklah kita lihat 6 chords tersebut dalam alat musik gitar.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar chord pada gitar


Jika anda menggunakan keyboard, anda tinggal lihat notasi angka yang ada di atas gambar gitar. Keterangannya begini, akor C dibentuk dari not 1, 3, 5 ( Do, mi, Sol ) atau ( C, E, G ). Jadi anda tinggal tekan Do, Mi, Sol atau ( C, E, G ). Dalam menekan tuts keyboard tidak harus menekan C, E, G dalam oktaf yang sama. Boleh saja tekan G rendah lalu C dan E (beda oktaf). Dengan kata lain anda boleh pegang akor - sesuaikan dengan posisi jari senyaman mungkin. Sebaiknya anda lihat chords untuk keyboard, agar anda dapat menggunakan jari-jari dengan baik saat bermain musik.

Untuk akor yang lain sama seperti akor C, boleh diubah posisi jarinya tapi notasinya jangan diubah. Contohnya akor Dm dibentuk dari not 2, 4, 6 ( Re, Fa, La ) atau ( D, F, A ), 3 not itu tidak boleh diubah, hanya posisinya boleh diubah. Perubahan posisi ini disebut inversi chords.

Ketika anda belajar akor biasanya akan mengalami kesulitan dalam pindah akor, misalnya dari akor C pindah ke G, anda tidak mungkin langsung bisa. Karenanya anda perlu bersabar. Di dalam musik ada istilah "bisa karena biasa." Seringlah berlatih maka akan bisa.

Baca juga :

Sejarah Chords / Akor

Famili Chords / Akor


Semoga postingan ini bermanfaat.


NB:

Sekedar masukan bagi anda yang baru belajar musik, sebaiknya anda punya pembimbing, misalnya teman anda atau guru kursus anda. Biasanya kalau tidak ada pembimbing akan lama bisanya.