Chord Dasar / Akor Dasar

Chord dasar atau akor dasar merupakan akor yang umumnya dipelajari saat pertama kali belajar chord. Dengan kata lain chord dasar ini diperuntukkan bagi yang baru belajar musik / belajar chord.

Chord / akor dasar saat belajar musik dimulai dari akor C, bukan mulai dari A. Susunan nada untuk C atau C major  adalah  C – Dm – Em – F – G – Am – Bdim – C.  Jadi ada 7 nada namun nada Bdim sangat jarang digunakan dalam lagu pop dan jenis musik lainnya. Kecuali dalam musik jazz Bdim ini suka digunakan dan bentuknya menjadi Bdim7.

Jadi jika anda ingin belajar gitar atau keyboards pelajarilah chord di atas ( 6 chords ). Walaupun hanya 6 chords tapi bisa untuk memainkan  jutaan lagu. Banyak lagu yang menggunakan 3 atau 4 chords, bahkan ada lagu yang hanya menggunakan 2 chords.


Baiklah kita lihat 6 chords tersebut dalam alat musik gitar.


Klik gambar untuk memperbesar.
Supaya lebih jelas lihat video di bawah ini.



Jika anda menggunakan keyboards, anda tinggal lihat notasi angka yang ada di atas gambar gitar. Keterangannya begini,   akor C dibentuk dari not  1, 3, 5 ( Do, mi, Sol ) atau ( C, E, G ). Jadi anda tinggal tekan Do, Mi, sol atau ( C, E, G ). Dalam menekan tuts keyboards tidak harus menekan C, E, G dalam oktaf yang sama.  Boleh saja tekan G rendah lalu C  dan E (beda oktaf). Dengan kata lain anda boleh pegang akor - sesuaikan dengan posisi jari  senyaman mungkin. Sebaiknya anda lihat chords untuk keyboards, agar anda dapat menggunakan jari-jari dengan baik saat bermain musik. 

Untuk akor yang lain sama seperti akor C, boleh dirubah posisi jarinya tapi notasinya  jangan dirubah.  Contohnya  akor Dm dibentuk dari not 2, 4, 6 ( Re, Fa, La ) atau ( D, F, A ), 3 not itu tidak boleh dirubah, hanya posisinya boleh dirubah. Perubahan posisi ini disebut inversi chords.

Ketika anda belajar akor biasanya akan mengalami kesulitan dalam pindah akor, misalnya dari akor C pindah ke G, anda tidak mungkin langsung bisa. Karenanya anda perlu bersabar. Di dalam musik ada istilah "bisa karena biasa."

Semoga postingan ini bermanfaat.



NB:
Sekedar masukan bagi anda yang baru belajar musik, sebaiknya anda punya pembimbing, misalnya   teman anda atau guru kursus anda. Biasanya kalau tidak ada pembimbing akan lama bisanya.


Belum ada Komentar untuk "Chord Dasar / Akor Dasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel