Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dal Segno al Coda al Fine

Dal Segno al Coda dan Dal Segno al Fine yang akan di-posting kali ini. Dilengkapi dengan gambar notasi dan video/audio sehingga mudah dimengerti.

Terlebih dahulu dibahas arti kata Dal Segno, Dal Segno al Coda dan Dal Segno al Fine. Ketiga istilah ini berasal dari bahasa Itali.

Dal Segno atau seringkali disingkat menjadi D.S. memiliki arti Dal = Dari dan Segno = Tanda. Dalam terjemahan bebasnya berarti “dari tanda itu.” Pada prakteknya D.S. ( Dal Segno ) ini berarti notasi dimainkan dan setelah menemukan tanda D.S. maka akan meloncat ke tanda Segno seperti huruf S dan garis miring. Lebih jelasnya bisa lihat gambar dan video di bawah.

Dal Segno al Coda seringkali disingkat menjadi D.S. al Coda memiliki arti Dal = Dari, Segno = Tanda, al = pada, dan Coda = ekor / belakang. Pada prakteknya D.S al Coda berarti notasi dimainkan dan setelah menemukan bar yang ada Dal Segno al Coda maka akan meloncat pada bar yang ada Segno-nya. Setelah itu notasi berlanjut, jika menemukan kata “to coda” maka akan meloncat ke bar yang ada coda-nya. Dalam hal ini harus ada perintah “to coda” agar bisa mencapai coda. Lihat gambar dan video di bawah.

Dal Segno al Fine atau sering disingkat menjadi D.S.al Fine memiliki arti Da = Dari, Segno = Tanda, al = pada dan Fine = Akhir. Pada prakteknya D.S. al Fine berarti notasi dimainkan dan setelah menemukan bar yang ada Dal Segno al Fine maka akan meloncat ke bar yang ada Segno-nya. Kemudian notasi akan lanjut dimainkan dan ketika menemukan bar yang ada kata “fine” maka notasi berhenti dimainkan. Lihat gambar dan video di bawah.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


dal segno, dal segno al coda dan dal segno al fine


Setelah anda melihat gambar, silakan lihat video di bawah ini. Video berisi Dal Segno, Dal Segno al Coda dan Dal Segno al Fine.



Keterangan :

D.S. ( Dal Segno ) artinya notasi dimainkan sampai ada kata D.S ( Dal Segno ) yakni bar-2. Kemudian meloncat pada bar yang ada Segno-nya yakni bar ke-4, setelah itu notasi dimainkan sampai akhir.

D.S. al Coda ( Dal Segno al Coda ) artinya notasi dimainkan sampai pada kata D.S. al Coda ( bar ke-2 ) Kemudian meloncat pada bar ke-4 yang ada tanda Segno-nya. Selanjutnya notasi berlanjut dimainkan dan setelah menemukan “to coda” ( bar ke-5 ) maka notasi meloncat ke bar yang bertanda coda ( bar ke-7 ) seperti gambar angka nol ( 0 ) dan ( + ), kemudian notasi dimainkan sampai akhir. Hal pentingnya harus ada tambahan perintah “to coda” agar mencapai coda.

D.S. al Fine ( Dal Segno al Fine ), notasi dimainkan sampai pada kata D.S. al Fine ( bar ke-2 ) lalu meloncat pada bar ke-4 yang ada tanda Segno-nya. Kemudian notasi dilanjutkan sampai menemukan kata “fine” ( bar ke-6 ) Setelah itu berhenti. Jadi bar ke-7 tidak dimainkan karena sudah diakhiri oleh kata “fine” yang berarti akhir.

D.S. al Fine ini pada prakteknya memiliki 2 perintah yaitu D.S. perintah untuk meloncat ke tanda Segno dan Fine perintah untuk mengakhiri.

Semoga postingan ini bermanfaat.