Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Da Capo al Coda al Fine

Da Capo al Coda dan Da Capo al Fine yang akan di-posting kali ini. Dilengkapi dengan gambar notasi dan video/audio sehingga mudah dimengerti.

Terlebih dahulu dibahas arti kata Da Capo, Da Capo al Coda dan Da Capo al Fine. Ketiga istilah itu berasal dari bahasa Itali.

Da Capo atau seringkali disingkat menjadi D.C. memiliki arti Da = Dari dan Capo = Awal atau Kepala. Dalam prakteknya D.C. ( Da Capo ) ini berarti pengulangan dimulai dari awal atau kepala. Lebih jelasnya bisa lihat gambar dan video di bawah.

Da Capo al Coda seringkali disingkat menjadi D.C. al Coda memiliki arti Da = Dari, Capo = Awal / Kepala, al = pada, dan Coda = Ekor / Belakang. Pada prakteknya D.C al Coda adalah pengulangan dari awal dan pindah kepada coda. Untuk bisa pindah ke coda dibutuhkan perintah “to coda” ( pindah ke coda ). Lihat gambar untuk lebih jelasnya dan lihat video di bawah.

Da Capo al Fine atau sering disingkat menjadi D.C.al Fine memiliki arti Da = Dari, Capo = Awal / Kepala, al = pada dan Fine = Akhir. Pada prakteknya D.C. al Fine adalah pengulangan dari awal kemudian akan berakhir pada bar yang ada fine-nya. Lihat gambar dan video di bawah.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


da capo, da capo al coda dan da capo al fine


Setelah anda melihat gambar, lihat video di bawah ini. Video berisi Da Capo, Da Capo al Coda dan Da Capo al Fine.



Keterangan :

D.C. ( Da Capo ) artinya notasi dimainkan dari awal ( bar ke-1 ) sampai ada kata D.C ( Da Capo ) yakni bar-3. Lalu diulang dari awal sampai akhir.

D.C al Coda ( Da Capo al Coda ) artinya notasi dimainkan dari awal. Setelah sampai pada kata D.C al Coda ( bar ke-3 ) maka notasi diulang dari awal dan ketika sampai pada kata “to coda” ( bar ke-2 ) maka notasi meloncat ke bar yang bertanda coda ( bar ke-5 ) seperti gambar angka nol ( 0 ) dan ( + ) ), kemudian notasi dimainkan sampai akhir.

D.C. al Fine ( Da Capo al Fine ) artinya notasi dimainkan dari awal. Setelah sampai pada kata D.C. al Fine ( bar ke-3 ) maka notasi diulang dari awal dan ketika sampai kata D.C. al Fine lagi maka notasi berlanjut ke bar berikutnya hingga berakhir pada bar ke-5 yang ada kata “fine”. Jadi bar ke-6 tidak dimainkan karena sudah diakhiri oleh kata “fine” yang berarti akhir.

D.C. al Fine ini pada prakteknya memiliki 2 perintah yaitu D.C. perintah ulang dari awal dan Fine perintah untuk mengakhiri.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Da Capo al Coda al Fine"