Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Lagu Ngadu Jangkrik

Arti Lagu Ngadu Jangkrik ( Makna Lagu Ngadu Jangkrik ) atau terjemahan lagu Ngadu Jangkrik yang dibahas pada halaman ini.

Silakan lihat lirik dan terjemahannya di bawah ini, Jika ada salah ejaan mohon dimaklumi.


Judul lagu : Ngadu Jangkrik

Pencipta : Gunawan S.

Lagu Daerah : Jawa Barat



Ngadu Jangkrik


Krik krik krik krik hayu ngadu jangkrik

Krik krik krik krik ulah pake duit

Krik krik krik krik tong rea digere

Bisi poho diri


Krik krik krik krik mari mengadu jangkrik

Krik krik krik krik jangan pakai uang

Krik krik krik krik jangan banyak dibikin berani

Takut lupa diri


Lamun eleh kudu narima

Lamun menang ulah balaga

Ngadu jangkrik kudu jalma ngarti

Ngadu jangkrik aya aturanna.


Jika kalah harus menerima

Jika menang jangan sombong

Adu jangkrik harus orang yang mengerti

Adu jangkrik ada aturannya.


Lagu Ngadu Jangkrik menceritakan tentang mengadu jangkrik secara harfiah. Namun lagu ini mengacu pada politik terutama dalam pemilihan presiden. Di situ dikatakan “jangan pakai uang”. Sudah menjadi hal umum jika politik menggunakan uang.

“Tong rea digere” dalam adu jangkrik ada istilah digere, artinya jangkrik dibikin berani dengan cara dielus pakai alatnya. Jika sudah digere maka jangkrik menjadi berani. Begitu juga saat pemilu, orang bisa dihasut diberi hoaks atau uang akhirnya timbul keberanian dan kemarahan. Bisa lupa diri.

Dalam bait lanjutannya dikatakan harus bisa menerima jika kalah. Inilah yang dibutuhkan oleh politisi, harus berjiwa besar, legowo.

Kalau menang jangan sombong, harus ikuti keinginan rakyat / perwakilan rakyat. Adu jangkrik harus orang mengerti, kalau tidak mengerti bisa timbul kerusuhan. Terakhirnya adu jangkrik ada aturannya. Inilah yang harus dituruti oleh seluruh orang yang terlibat adu jangkrik yakni ikuti aturannya.

Pesan dari lagu ini adalah agar semua orang mengikuti aturan saat bertanding. Dan orang yang akan mengadu jangkrik harus orang yang mengerti agar tidak terjadi perselisihan.

Jika anda ingin mendengar melodi lagu Ngadu Jangkrik dan melihat not angka lagu tersebut, silakan buka postingan yang berjudul Not Angka Lagu Ngadu Jangkrik.

Semoga postingan ini bermanfaat.