Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Lagu Cublak Cublak Suweng

Arti Lagu Cublak Cublak Suweng ( Makna Lagu Cublak Cublak Suweng ) atau terjemahan lagu Cublak Cublak Suweng yang dibahas pada halaman ini.

Lagu Cublak Cublak Suweng adalah lagu daerah Jawa Timur yang biasanya dinyanyikan dengan sebuah permainan. Boleh dibilang lagu ini dijadikan lagu pengiring dalam sebuah permainan anak-anak di Jawa Timur. Konon lagu ini diciptakan oleh salah seorang dari Wali Songo yakni Sunan Giri.

Silakan lihat lirik dan terjemahannya di bawah ini, Jika ada salah ejaan mohon dimaklumi.


Judul lagu : Cublak Cublak Suweng

Pencipta : Sunan Giri ( perlu rujukan ).

Lagu Daerah : Jawa Timur



Cublak Cublak Suweng


Cublak-cublak suweng, suwenge tenggelenter,

mambu ketundhung gudel, Pa Kempo lera-lere,

sopo ngguyundhelikake, Sir-sir pong dele kopong,

Sir-sir pong dele kopong,

sir-sir pong dele kopong.


Tempat anting, antingnya berserakan

Baunyadituju anak kerbau

Bapak Ompong menengok kanan kiri

Siapa tertawa dia yang menyembunyikan

Hati nurani kedelai kosong tanpa isi

Hati nurani kedelai kosong tanpa isi


Lagu Cublak Cublak Suweng ini sulit untuk diartikan secara lengkap, sebab lagu ini menggunakan bahasa simbol. Untuk mengetahui makna lagu ini dibutuhkan referensi buku bahasa dan sastra pada jaman dulu, pada saat lagu ini diciptakan. Dengan kata lain lagu ini tidak bisa diartikan oleh orang “awam” yang tidak punya pendidikan bahasa dan sastra.

Mengartikan sebuah lagu / karya sastra ada aturannya. Jadi tidak bisa diartikan “semau gue”. Saya sendiri mendapat terjemahan di atas dari sumber lain (website/blog), maksudnya bukan diterjemahkan oleh saya. Jika ada kesalahan terjemahan untuk lagu ini mogon dimaklumi.

Bagi anda yang ingin mendengar melodi lagu Cublak Cublak Suweng dan melihat not angka lagu tersebut, silakan buka postingan yang berjudul Not Angka Lagu Cublak Cublak Suweng.

Semoga postingan ini bermanfaat.