Biografi Ibu Kasur

Sandiah atau lebih dikenal dengan nama Ibu Kasur adalah seorang pendidik dan pemerhati anak-anak. Selain itu beliau  adalah pencipta lagu anak-anak yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Data pribadinya sebagai berikut :

N a m a                 :  Sandiah
Tempat/Tgl. Lahir             :  Jakarta, 16 Januari 1926
Meninggal dunia              :  22 Oktober 2002 di Jakarta
Pendidikan         :   HKS (Hoogere Kweek School)
                            
  
Karier / Pekerjaan           :  Pegawai Kantor Karesidenan Priangan.
                                :  Pengajar / Guru TK
                                :  Komponis
                               :  Pembawa Acara di Televisi
Selain itu beliau seringkali menjadi pembicara dalam seminar-seminar yang berkaitan dengan anak-anak.  Juga beliau menjadi  Pemimipin Yayasan Balita. 




Buah Karya lagu
1.  Sayang Semua            
2.  Kucingku
3.  Bertepuk Tangan
4.  Main Sembunyi
Ada beberapa lagi lagu beliau tapi tidak diketahui secara pasti.
Menurut pengakuannya beliau menciptakan lagu tidak lebih dari 20 lagu.             


Penghargaan :
Centro Culture Italiano Premio Adelaide Ristori Anno VII dari pemerintah Italia ( 1976 ).
Bintang Budaya Para Dharma ( 1992 )
Selain itu ada lagi beberapa penghargaan namun tidak terpublikasikan dengan lengkap.

Keluarga dan lainnya :
Sandiah ( Ibu Kasur ) adalah putri dari pasangan Santoso Mangunsemito dan R.A. Bandiah Santoso Mangunsemito. Beliau anak sulung dari 5 bersaudara. Hidup di Jakarta sampai remaja kemudian pindah ke Bandung karena ayahnya dipindahtugaskan ke kota tersebut.
Di Bandung beliau menyelesaikan sekolah yakni HKS (Hoogere Kweek School) - sekolah guru atas. 

Setelah selesai sekolah, beliau bekerja di  Kantor Karesidenan Priangan di Bandung. Di situlah beliau bertemu dengan Soerjono atau yang lebih dikenal dengan Pak Kasur.  Mereka menikah di Yogyakarta pada tanggal 29 Juli 1946, dan dikarunia 5 orang anak.

Nama panggilan Bu Kasur  didapat dari panggilan suaminya yakni Pak Kasur yang bernama asli Soerjono.  Konon sebutan Pak Kasur ini berasal dari Kak Soerjono dipendekkan menjadi Kak Soer, dalam terjemahan baru menjadi  Kak Sur. Akhirnya menjadi Pak Kasur.  Selanjutnya Sandiah disebut Ibu Kasur karena menjadi isteri  Pak Kasur.

Di samping sebagai pendidik dan pemerhati anak-anak, Ibu Kasur juga dikenal sebagai pencipta lagu anak-anak. Kesukaannya terhadap anak-anak terlihat dari seluruh kegiatannya, beliau selalu punya “kerjaan” yang terkait dengan  anak-anak.

Beliau memimpin Yayasan Setia Balita yang memiliki lima buah taman kanak-kanak di Jakarta - mendirikan TK Mini bersama suaminya. TK Ini memiliki alumni  yang jempolan, salah satunya adalah Ibu Megawati  mantan presiden R.I.

Bersama suaminya ( Pak Kasur ), beliau menjadi pembawa acara Taman Indria di TVRI.  Ketika televisi swasta muncul pada awal 1990-an, Ibu Kasur tampil dalam acara kuis Hip Hip Ceria di RCTI.
Beliau  pernah menjadi pengasuh sebuah rubrik di majalah anak-anak Bocil.

Ibu Kasur meninggal di Rumah Sakit Cikini, Jakarta, pada tanggal 22 Oktober 2002 akibat serangan stroke. Beliau dimakamkan di samping makam Pak Kasur di Desa Kaliori, Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah.
Sumber : dari berbagai sumber

Belum ada Komentar untuk "Biografi Ibu Kasur "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel