Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Ibu Kasur

Sandiah atau lebih dikenal dengan nama Ibu Kasur adalah seorang pendidik dan pemerhati anak-anak. Selain itu beliau adalah pencipta lagu anak-anak yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Data pribadinya sebagai berikut :

N a m a : Sandiah

Tempat/Tgl. Lahir : Jakarta, 16 Januari 1926

Meninggal dunia : 22 Oktober 2002 di Jakarta

Pendidikan : HKS (Hoogere Kweek School)

Karier / Pekerjaan : Pegawai Kantor Karesidenan Priangan, pengajar / Guru TK, komponis dan pembawa acara di televisi.

Selain itu beliau seringkali menjadi pembicara dalam seminar-seminar yang berkaitan dengan anak-anak. Juga beliau menjadi Pemimipin Yayasan Balita.


foto ibu kasur / sandiah pencipta lagu anak


Buah Karya lagu

1. Sayang Semua

2. Kucingku

3. Bertepuk Tangan

4. Main Sembunyi

Ada beberapa lagi lagu beliau tapi tidak diketahui secara pasti.

Menurut pengakuannya beliau menciptakan lagu tidak lebih dari 20 lagu.


Penghargaan :

Centro Culture Italiano Premio Adelaide Ristori Anno VII dari pemerintah Italia ( 1976 ).

Bintang Budaya Para Dharma ( 1992 )

Selain itu ada lagi beberapa penghargaan namun tidak terpublikasikan dengan lengkap.


Keluarga dan lainnya :

Sandiah ( Ibu Kasur ) adalah putri dari pasangan Santoso Mangunsemito dan R.A. Bandiah Santoso Mangunsemito. Beliau anak sulung dari 5 bersaudara. Hidup di Jakarta sampai remaja kemudian pindah ke Bandung karena ayahnya dipindahtugaskan ke kota tersebut.

Di Bandung beliau menyelesaikan sekolah yakni HKS (Hoogere Kweek School) - sekolah guru atas.

Setelah selesai sekolah, beliau bekerja di Kantor Karesidenan Priangan di Bandung. Di situlah beliau bertemu dengan Soerjono atau yang lebih dikenal dengan Pak Kasur. Mereka menikah di Yogyakarta pada tanggal 29 Juli 1946, dan dikarunia 5 orang anak.

Nama panggilan Bu Kasur didapat dari panggilan suaminya yakni Pak Kasur yang bernama asli Soerjono. Konon sebutan Pak Kasur ini berasal dari Kak Soerjono dipendekkan menjadi Kak Soer, dalam terjemahan baru menjadi Kak Sur. Akhirnya menjadi Pak Kasur. Selanjutnya Sandiah disebut Ibu Kasur karena menjadi isteri Pak Kasur.

Di samping sebagai pendidik dan pemerhati anak-anak, Ibu Kasur juga dikenal sebagai pencipta lagu anak-anak. Kesukaannya terhadap anak-anak terlihat dari seluruh kegiatannya, beliau selalu punya “kerjaan” yang terkait dengan anak-anak.

Beliau memimpin Yayasan Setia Balita yang memiliki lima buah taman kanak-kanak di Jakarta - mendirikan TK Mini bersama suaminya. TK Ini memiliki alumni yang jempolan, salah satunya adalah Ibu Megawati mantan presiden R.I.

Bersama suaminya ( Pak Kasur ), beliau menjadi pembawa acara Taman Indria di TVRI. Ketika televisi swasta muncul pada awal 1990-an, Ibu Kasur tampil dalam acara kuis Hip Hip Ceria di RCTI.

Beliau pernah menjadi pengasuh sebuah rubrik di majalah anak-anak Bocil.

Ibu Kasur meninggal di Rumah Sakit Cikini, Jakarta, pada tanggal 22 Oktober 2002 akibat serangan stroke. Beliau dimakamkan di samping makam Pak Kasur di Desa Kaliori, Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah.

Biografi pencipta lagu anak-anak yang lain, silakan klik judulnya.

Biografi Pak Kasur

Biografi A.T. Mahmud

Semoga postingan ini bermanfaat.