Tangga Nada G

Tangga Nada G dan Nada Dasar G dibahas kali ini, disertai dengan gambar notasi balok,  gambar keyboards dan gitar, sehingga  mudah dimengerti.

Tangga nada adalah tingkatan bunyi nada berdasarkan frekuensi .
Dalam tangga nada G atau scale G major  di paranada ada tanda kres ( # ), supaya lebih jelas kita lihat notasinya di bawah ini.



Perhatikan not bagian bawah G dan not bagian atas G, jika notasi di atas dimainkan mulai dari bawah ke atas maka akan terdengar Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si, Do atau solmisasi. Namun jika tanda kres ( # ) dihilangkan, maka tidak akan terdengar solmisasi.
Dalam teori musik tangga nada G ini memiliki sebuah not yang dinaikkan 1/2 nada, yaitu not F.
Supaya lebih jelas kita lihat pada gambar keyboards di bawah ini.



Alat musik gitar.

                                                                                            
Gambar gitar di atas tidak berhubungan dengan oktaf atau tanda kres pada not balok. Ini hanya menunjukkan solmisasi pada gitar dalam nada dasar G. Pada alat musik gitar not itu bisa dirubah posisinya, misalnya not G pada senar 5 sama dengan not G pada senar 4.

Yang akan belajar melodi harus tahu tangga nada karena bisa digunakan untuk bermain melodi lagu dan melodi improvisasi.  .

Berikutnya,
Nada dasar adalah  nada pertama dalam suatu tangga nada.
Selain itu nada dasar bisa diartikan  akor ( chord ), contohnya jika orang mengatakan nada dasar G artinya akor G atau orang sering menyebut kunci G.  Penggunaan nada dasar ini umumnya untuk mencari suara yang cocok bagi penyanyi atau aransemen musik.
Nada dasar G ( akor G ) memiliki famili chord sebagai berikut,
G – Am – Bm – C – D – Em – Fdim - G
Bagi yang baru belajar chords, susunan chords di atas perlu dihapal karena susunan chords di atas merupakan rangkaian chords pada nada dasar G. Fungsinya untuk mencari chords lagu ( lagu yang mudah chordsnya).
Semoga anda mengerti.


Belum ada Komentar untuk "Tangga Nada G"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel