Tangga Nada F

Tangga Nada F dan Nada Dasar F yang dibahas sekarang ini, dilengkapi dengan gambar notasi balok dan gambar alat musik  (gitar dan keyboards), sehingga  mudah dimengerti.

Tangga nada adalah tingkatan bunyi nada berdasarkan frekuensi .
Sekarang akan dibahas  tangga nada F  atau  tangga nada diatonik F.
Baiklah kita lihat tangga nada F di bawah ini


Perhatikan not awal  ( F ) dan not akhir ( F), jika notasi di atas dimainkan maka akan terdengar Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si, Do atau solmisasi. Namun jika tanda mol ( b ) dihilangkan, maka tidak akan terdengar solmisasi.
Dalam teori musik tangga nada F ini memiliki sebuah not yang diturunkan 1/2 nada yaitu not B.  Dalam gambar keyboards terlihat  lebih jelas.



Alat musik gitar.

                                                                                                                       
Pada gambar gitar di atas solmisasi tidak menggunakan penamaan oktaf. Gambar gitar di atas hanya untuk menunjukkan solmisasi saja dan posisinya tidak harus begitu karena dalam gitar  memiliki beberapa posisi.
Tangga nada ( solmisasi ) ini sangat penting - bisa digunakan untuk  pedoman bermain melodi lagu maupun melodi improvisasi. 

Berikutnya,
Nada dasar adalah  nada pertama dalam suatu tangga nada. Lihat gambar di atas.
Pengertian lain,  nada dasar juga bisa berarti  sebuah akor ( chord ), misalnya jika orang mengatakan nada dasar F artinya akor  F atau orang sering menyebut kunci F.  Nada dasar ini biasanya digunakan untuk mencari suara yang cocok bagi penyanyi atau aransemen musik.
Nada dasar F ( akor F ) memiliki famili chord sebagai berikut,
F – Gm – Am – Bb – C – Dm – Edim - F
Perlu diketahui, susunan chords tersebut bisa dijadikan pedoman untuk mencari chords sebuah lagu, dengan syarat jangan lagu yang sulit.
Semoga anda mengerti.


Belum ada Komentar untuk "Tangga Nada F"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel