Cara Membaca Tab Gitar #2

Saat ini akan dibahas cara membaca tab gitar / tabulasi gitar, terutama membaca simbol-simbol tab gitar.
Di bawah ini contoh penulisan tab gitar ( notasi dan simbol-simbol )


Keterangan :
Pada bar ke-1 ada angka 1, 3, 1, 3, 0 ( lihat posisi notasi itu pada senarnya )
Angka 1 artinya bunyikan senar B pada fret ke-1, lihat garis di bawah not itu bernilai 1 ketuk.
Angka 3 artinya bunyikan senar B pada fret ke-3, lihat garis di bawah not itu bernilai 1/2  ketuk.
Angka 1 artinya bunyikan senar B pada fret ke-1, lihat garis di bawah not itu bernilai 1/4 ketuk.
Angka 3 artinya bunyikan senar B pada fret ke-3, lihat garis di bawah not itu bernilai 1/4 ketuk.
Angka 1 artinya bunyikan senar E tidak ditekan (senar lepas ), lihat garis di bawah not itu bernilai 2 ketuk.
Untuk mengerti tentang garis di bawah not silakan baca postingan Cara Membaca Tab Gitar #1.

Pada bar ke-2 ada angka 1 h 3
1h3 artinya huruf h = hammer on. Ini merupakan slur atau legato dari nada rendah ke nada tinggi (lihat notasi not baloknya),  dalam tehnik bermain gitar 1h3 ini dimainkan dengan cara bunyikan senar B (lihat tab di atas) fret ke-1 selama 1 ketuk lalu tekan senar B fret ke-3 selama 1 ketuk. Intinya 1 kali membunyikan senarnya menghasilkan 2 nada ( tanpa putus suaranya ).

Pada bar ke-3 ada angka 3 p 1
3p1 artinya huruf p = pull off, ini merupakan slur atau legato  dari nada tinggi ke nada rendah. Jadi pull off kebalikan dari hammer on. Caranya bunyikan senar B fret ke-3 selama 1 ketuk lalu tekan senar B fret ke-1 selama 1 ketuk.

Pada bar ke-4 ada angka 3 tanda panah ke atas ½ dan 3 tanda panah ke atas 1
Tanda panah ke atas artinya bending up, penulisan di atas bisa 3b1/2 dan 3b1 namun umumnya bending up menggunakan simbol panah.
3b1/2 artinya 3 bending up 1/2 nada, caranya bunyikan senar E fret ke-3 ( lihat gambar  panah ½ ) lalu angkat senar itu hingga menghasilkan suara not mi naik 1/2 nada. Tehnik bermain melodi seperti ini seringkali dimainkan oleh para gitaris.
3b1 artinya 3 bending up 1 nada. Caranya sama dengan 3b1/2 bedanya suaranya menjadi not mi naik 1 nada.

Pada bar ke-5 ada angka 3 tanda panah ke atas dank e bawah dan angka 1/2
3b4r3 begitu penulisan yang umum untuk  bar ke-5 itu, disebutnya bending and release.
Caranya memainkannya,
Bunyikan senar E fret ke-3 lalu angkat senar itu hingga suaranya naik 1/2 nada, kemudian turunkan lagi senarnya ke tempat semula.

Pada bar ke-6 ada angka 12, 7, 5 dan di atas bar ada hurut T.
Huruf T artinya tap ( tapping ), ini merupakan tehnik bermain gitar melodi yang sering digunakan pemain melodi. Cara penulisannya seperti  gambar di atas.
Caranya memainkannya,
Ketuk oleh jari telunjuk atau jari tengah senar E fret 12 ( tangan kanan bukan kidal ) lalu ketuk fret ke-7 oleh jari manis tangan kiri dan jari telunjuk tangan kiri menekan senar E fret ke-5.  Tehnik ini agar bisa terdengar nyaring, saat jari manis tangan kiri mengetuk fret ke-7 setelah diketuk langsung ditarik senar fret ke-7 itu, agar bunyinya tidak hilang pada fret ke-5.

Pada bar ke-7 ada angka 12 dan di atasnya ada huruf NH.
NH artinya Natural Harmonic, penulisan natural harmonic seperti di atas atau harm atau pakai tanda < > seperti < 12 >.  Ini merupakan tehnik bermain gitar melodi yang sering digunakan oleh pemain gitar solo atau klasikan.
Cara memainkannya,
Jari tangan kiri menyentuh senar 1 fret ke-12 ( bukan ditekan ) dan jari tangan kanan membunyikan senar, keduanya  harus bersamaan, setelah itu segera jauhkan jari dari senar.  Ini akan menghasilkan suara yang nyaring tapi tidak seperti suara gitar, mungkin seperti dentingan suara piano.

Pada bar ke-8 ada angka 8 dan tanda getar.
Caranya memainkannya,
Bunyikan senar E fret ke-8 setelah itu getarkan jari yang dipakai menekan senar itu. Hasilnya, suara senar akan berbeda dengan suara senar biasanya, beda sedikit karena ada getaran. Semua pemain gitar melodi pasti menggunakan tehnik ini.

Sebenarnya masih cukup banyak simbol-simbol atau tehnik bermain melodi pada gitar, namun saya tidak membahasnya. Hal terpenting, anda yang belum tahu sama sekali simbol tab menjadi tahu.

Dalam membaca tab gitar yang harus diperhatikan adalah tempo musik, di atas tidak menggunakan tempo. Berikutnya coba anda belajar tempo musik (bagi yang beleum tahu),  anda bisa buka postingan yang berjudul  Tempo  Dalam Musik. Semua tempo dalam musik pada dasarnya sama, baik notasi angka, notasi balok atau tab gitar, yang berbeda hanya simbolnya atau istilahnya saja.
Semoga anda mengerti.


NB:

Slur atau legato artinya not-not tersebut dimainkan tanpa putus (nyambung).

Belum ada Komentar untuk "Cara Membaca Tab Gitar #2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel