Cara Membaca Tab Gitar #1

Pada saat ini akan dibahas cara membaca tab gitar atau tabulasi gitar, menggunakan tab gitar sebuah lagu dan disertai video / audio, sehingga mudah dipahami.

Bagi anda yang sama sekali tidak tahu tab gitar / tabulasi gitar, sebaiknya membaca dulu postingan Mengenal Tab Gitar  agar anda mudah mengerti  bahasan ini.
Di bawah ini adalah tab gitar sebuah lagu,



Lagu di atas bertanda suka 4/4 ( birama 4/4 ) artinya bahwa dalam 1 bar terdapat 4 ketuk dan tempo 120 artinya 120 BPM ( Beat Per Minute ) atau 120 beat ( ketuk ) dalam 1 menit.

Cara membaca tab di atas,
Pada bar ke-1 ada angka 0, 2, 0 ( lihat posisi angka itu ada pada senar berapa ).
Angka 0 artinya bunyikan senar  G (senar lepas), lihat garis di bawah 0, garis itu bernilai 1 ketuk. Dalam tempo 120 setiap ketuk berdurasi  1/2 detik. Jadi setelah 1/2 detik bunyikan senar lain.
Angka 2 artinya bunyikan senar G fret ke-2, lihat garis di bawah angka 2, garis itu bernilai 1 ketuk atau 1/2 detik. Setelah itu bunyikan senar lain.
Angka 0 artinya bunyikan senar  G (senar lepas), lihat garis di bawah angka 0, garis itu bernilai 1 ketuk ( durasi 1/2 detik ).

Pada bar ke-2 ada angka 0, 1  ( lihat posisi angka itu ada pada senar berapa ).
Angka 0 artinya bunyikan senar E (senar lepas), lihat dibawahnya ada garis pendek dengan titik artinya 3 ketuk  atau 1 ½ detik. Setelah itu bunyikan senar lain (not lain).
Angka 1 artinya bunyikan senar E fret ke-1 bernilai 1 ketuk ( durasi 1/2 detik ).

Pada bar ke-3 ada angka 3,  2, 3, 0 ( lihat posisi angka itu ada pada senar berapa ).
Angka 3 artinya bunyikan senar  B fret ke-3, lihat dibawahnya ada garis panjang dengan titik artinya 1 ½  ketuk  ( durasi 3/4 detik ) Setelah itu bunyikan senar lain ( not lain ).
Angka 2 artinya bunyikan senar B fret ke-2, lihat garis dibawahnya ada garis panjang yang memiliki bendera bernilai 1/2 ketuk ( 1/4 detik ).
Angka 3  artinya bunyikan senar  B fret ke-3, lihat garis dibawahnya itu bernilai 1 ketuk  ( durasi 1/2 detik ) Setelah itu bunyikan senar lain ( not lain ).
Angka 0 artinya bunyikan senar  E (senar lepas), lihat garis di bawah angka 0, garis itu bernilai 1 ketuk ( durasi 1/2 detik ).

Pada bar ke-4 ada angka 1 ( lihat posisi angka itu ada pada senar berapa ).
Angka 1 artinya bunyikan senar B fret ke-1, lihat dibawahnya ada garis pendek dengan titik artinya 3 ketuk. Dengan sendirinya bahwa pada bar itu ada tanda diam sebanyak 1 ketuk.

Pada bar ke-5 ada angka 3, 0, 1 ( lihat posisi angka itu ada pada senar berapa ). Pada bar ke-5 ini terdapat 3 ketuk artinya ada tanda diam 1 ketuk.
Angka 3 artinya bunyikan senar B fret ke-3 bernilai 1 ketuk ( durasi 1/2 detik )
Angka 0 artinya bunyikan senar  E (senar lepas) bernilai 1 ketuk ( durasi 1/2 detik ).
Angka 1 artinya bunyikan senar E fret ke-1 bernilai 1 ketuk ( durasi 1/2 detik ).

Berikutnya tidak perlu dilanjutkan karena saya pikir anda sudah mengerti.
Terpenting diperhatikan adalah tanda garis itu.
Garis vertikal panjang bernilai 1 ketuk
Garis vertikal pendek bernilai 2 ketuk
Tanda titik ( . ) artinya bahwa not tersebut ditambah 1/2 dari not bersangkutan. Misalnya not bernilai 2 ketuk diberi tanda titik maka  akan bernilai 3 ketuk. Jika not bernilai 1 ketuk diberi tanda titik maka akan bernilai 1 ½ ketuk.
Tanda bendera pada garis vertikal artinya bahwa not itu dibagi 2. Misalnya not bergaris panjang ( 1 ketuk ) diberi tanda bendera maka akan bernilai 1/2 ketuk.

Berikutnya jika anda ingin tahu suara dari tab di atas, silakan klik video di bawah ini.


Bagi anda yang ingin lebih mengerti tentang membaca tab gitar, silakan baca postingan yang berjudul Cara Membaca Tab Gitar #2, di situ dibahas penulisan simbol-simbol tab gitar.

Semoga anda menyukai postingan ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membaca Tab Gitar #1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel