Arti Lagu Jamuran

Arti Lagu Jamuran ( Makna Lagu Jamuran ) atau terjemahan lagu Jamuran yang dibahas pada halaman ini.  Sebelumnya saya akan singgung dulu tentang pencipta lagu ini.

Menurut yang saya baca dari website/blog, pencipta lagu jamuran berbeda-beda. Ada yang mengatakan lagu ini diciptakan oleh Ki Hadi Sukatno dan ada juga yang mengatakan bahwa lagu ini diciptakan oleh Sunan Giri. Selain itu ada yang mencantumkan penciptanya sebagai anonim.

Sebaiknya jangan terlalu dipikirkan tentang pencipta lagu ini. Kelak jika ada data yang akurat dan terpercaya akan saya tambahkan di sini. Namun untuk sementara akan saya kosongkan dulu nama penciptanya.

Silakan lihat lirik dan terjemahannya di bawah ini, Jika ada salah ejaan mohon dimaklumi.


Judul lagu : Jamuran

Pencipta : 

Lagu Daerah : Jawa Tengah



Jamuran


Jamuran ya gégé thok

Jamur apa ya gégé thok

Jamur gajih mbejijih sa ara-ara

Sira mbadhé jamur apa


Berjamur hanya  Gege

Jamur apa hanya Gege

Jamur beras mbejijih di lapangan

Kamu mau Jamur apa ?


Lagu Jamuran merupakan lagu mainan yang biasa dimainkan di daerah Jawa Tengah. Lagu ini biasanya dimainkan oleh anak-anak sekitar 4 sampai 10 orang.  Setelah kalimat terakhir di atas biasanya pemain menjawab pertanyaan (“Sira mbadhé jamur apa ? = kamu mau jamur apa ?” misalnya dijawab “jamur kuping”. Maka lanjutan lagunya seperti di bawah ini.


Jamuran ya gégé thok

Jamur apa ya gégé thok

Jamur kuping njepiping sa ara-ara

Sira mbadhé jamur apa ?


Berikutnya setelah bait kedua di atas, maka ada lagi yang bertanya dan menjawab. Begitulah cara bernyanyi  lagu Jamuran.

Lagu ini tidak diketahui  maknanya, namun jika kita perhatikan permainannya, lagu ini selain untuk bersenang-senang dengan temannya, mencerminkan kerja sama di antara pemainnya.

Bagi anda yang ingin mendengar melodi lagu Jamuran dan melihat not angka lagu tersebut, silakan buka postingan yang berjudul Not angka Lagu Jamuran.

Semoga anda menyukai postingan ini.

Belum ada Komentar untuk "Arti Lagu Jamuran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel